Find Us On Social Media :

24.000 Km, V-Belt Honda BeAT Wajib Ganti

By Motorplus, Kamis, 6 Juni 2013 | 08:41 WIB
()


Bro, pernah merasakan Honda BeAT bergetar saat baru dibawa jalan atau saat berjalan pelan di tengah kemacetan? Atau bahkan sudah mulai tersendat-sendat, tidak enak kan? Nah, gejala seperti itu bisa jadi disebabkan oleh V-Belt yang rusak atau bahkan hampir putus.

ÔÇ£Saat pemakaian sudah melewati batas maksimal, V-Belt ini biasanya mulai seperti retak-retak, akibatnya jalannya motor seperti bergetar atau bisa juga tersendat, yang paling parah kalau terus dipaksakan bisa putus tuh V-Belt dan motornya engga bisa jalan,ÔÇØ kata Suhanda, mekanik AHASS Intan Mulia di Jl. Baru Underpass, Bekasi.

Batas maksimal pemakaian V-Belt untuk Honda BeAT sendiri adalah 24.000 km. ÔÇ£Harusnya, 24 ribu km itu sudah wajib ganti, karena kalau dibiarkan terus akan berisiko merambat ke bagian CVT yang lain,ÔÇØ tegas Suhanda.

Selain telah melewati batas pemakaian maksimal, kerusakan V-Belt juga dapat disebabkan faktor lain, seperti cara mengendarai yang tidak sesuai dengan aturan penggunaan motor matic, yaitu dengan menarik gas dalam-dalam sambil terus menarik tuas rem.

ÔÇ£Yang terakhir, bisa disebabkan oleh perawatan yang tidak teratur, standarnya adalah dilakukan pengecekan CVT setiap 8000 km atau 4 bulan pemakaian, ÔÇ£ tutup Suhanda. (motorplus-online.com)