Find Us On Social Media :

Pakai Kontak Lens, Disarakan Buat Pengendara Wanita Jangan Lebih 2 Jam, Kenapa?

By Motorplus, Minggu, 9 Maret 2014 | 06:39 WIB
()

Konsultasikan ke dokter terlebih dahulu

Penggunaan kontak lens bagi pengendara, terasa penting. Pertama, karena lensa sangat dibutuhkan oleh mata untuk menjamin pengelihatan jadi lebih jelas. Penggunaan kacamata untuk momen berkendara terasa tidak praktis. Terlebih helm yang digunakan tidak menyediakan ruang untuk penggunaan kacamata. Sehingga banyak biker yang sebenarnya wajib pakai lensa melepas kacamata saat berkendara.

Makanya kontak lens dijadikan alternatif untuk pengendara yang dengan mata kondisi normal. Sipnya, juga kontak lens yang disuguhkan di pasaran makin beragam. Dari harga, bahan dan juga pilihan warna. Buat pengendara tentu tidak mau ketinggalan dengan tren kontak lens. Tapi ingat, ada cara pemeliharaan khusus agar tetap gaya dengan kontak lens dan mata tetap sehat buat pengendara.

Menurut dr. Wira, spesialis mata Jakarta Timur Eye Center, Rumah Sakit Harapan Bunda, Jakarta Timur, untuk menggunakan kontak lens sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Sebab penggunaan kontak lens harus mempertimbangkan kesehatan mata supaya tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. "Kontak lens bisa mengganggu asupan oksigen pada kornea mata," pesan dokter asal Bali ini.

Menurutnya pengguna motor boleh memakai kontak lens saat berkendara. Namun sebaiknya tetap waspada. Jangan terlalu lama menggunakannya. Batasi maksimal 2 jam pakai. "Untuk membantu menjaga kontak lens yang sudah terpasang tetap bersih, gunakan cairan yang mampu membersihkan dan melembabkan. Pemilihan cairan sebaiknya juga dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter," anjurnya. (www.motorplus-online.com)