Find Us On Social Media :

Motocross vs Pabrikan, Tahun Ini Produsen Roda Dua Indonesia Masih Abu-abu Karena Belum Jual Motornya

By Motorplus, Minggu, 6 April 2014 | 08:00 WIB
()

Butuh dukungan pabrik segera

Angka miliaran disuplai pabrikan motor untuk mensupport tim balapan aspal. Bagaimana dengan motocross? Sampai tahun ini produsen roda dua Indonesia masih abu-abu.

Kenapa disebut abu-abu? Motocross pakai SE yang pastinya salah satu jenis motor. Tapi, produsen motor di Indonesia menganggap SE belum bisa disupport. Mayoritas pabrikan tana air rata-rata beralasan SE tidak dibikin di sini.

Memang, masih ada PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Tahun ini KMI menyupport satu tim yang masuk dalam jaringan dealernya, yaitu Junior Motorsport, Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Itu pun hanya mengeluarkan dua unit motor andalannya, Kawasaki KX250 dan KLX250.

Menurut Dewi Setianti, Deputy Sales & Promotion Departement Marketing and Sales Division KMI mengaku baru menjajaki. "Tahun ini dicoba dulu lewat dealer," akunya.

Dewi menambahkan, dukungan yang diberikan KMI, selain unit motor juga diskon spare part yang dibutuhkan untuk riset. "Diskon komponen sampai 70% dan dana yang dibutuhkan untuk riset. Pokoknya dana yang kami keluarkan besar," bisik Dewi tanpa menyebut nominal dana 

Dewi yakin apabila uji coba ini berhasil, tahun depan akan dikembangkan “membuka peluang untuk mensponsori tim lain," tegasnya.

Sedangkan Honda dan Yamaha, sama-sama sepakat belum melirik motocross. Alasanya ya itu tadi tidak memiliki produk yang diunggulkan di balapan ini.

"Karena masih fokus dengan balap bebek dan tipe sport sebagai jenjang ke MotoGP," tandasnya Agustinus Indraputra, GM Marketing Planning & Analisys Division PT Astra Honda Motor.

Hal yang sama dikatakan Muhammad Abidin, General Manager Motorsport and Technical Service PT Yamaha Indonesia Motor Manufacture (YIMM) kalau Yamaha masih fokus di road race.

"Kalau unitnya saja belum ada, apa yang mau ditawarkan buat tim dan pembalap? Untuk mendukung motocross bukan hanya dana, tapi juga membutuhkan riset. Untuk riset butuh produk dan spare part pendukungnya. Yamaha belum ada. Saat ini hanya X-Ride yang layak untuk main tanah. Itu pun hanya dihelat di event OMR Yamaha sebagai supporting dan fun race," tutup Abidin.

Jadi kapan dong? (www.motorplus-online.com)