Find Us On Social Media :

Yamaha MT-125, Disuntik Gen MT

By Motorplus, Kamis, 10 Juli 2014 | 18:19 WIB
()

Konsep agresif petarung jalanan MT Series

Motor tipe telanjang Yamaha bergenre MT, macam MT-07 dan yang lebih besar lagi MT-09, terbukti populer sejak diperkenalkan. Terutama di Eropa dan Amerika. Nah, memanfaatkan fenomena itu, sepertinya Yamaha coba menyasar pengendara dengan versi yang lebih kecil.

Ditandai baru-baru ini pabrikan garpu tala merilis MT-125 untuk pasar Eropa. Desainnya ajib kan, cuy? Gen MT benar-benar kental banget di motor ini. Mirip kakak dan opah-opahnya (moge MT series), hehe…Makin cihuy lagi, sok depannya sudah upside down, lho.

MT-125 mengusung dapur pacu yang similar dengan Yamaha V-ixion. Tapi, kapasitasnya lebih kecil, yakni hanya 125 cc. Sistem penggerak katupnya sama dengan V-ixion, Single Overhead Camshaft (SOHC). Tapi, meski hanya 125 cc, dapur pacu yang ditanam pada rangka tipe deltabox-nya diklaim dapat menyemburkan tenaga maksimal 11 kW (14,7 hp) di 9.000 rpm. Torsi puncaknya 12,4 Nm/8.000 rpm. Weeww.. lumayan tuh!

Oh iya, motor ini platform-nya sama dengan YZF-R125 yang sudah lebih dulu dipasarkan. Bedanya, YZF-R125 mengusung full fairing, MT-125 bergaya streetfighter yang agresif senada moge MT. Citra streetfighter-nya dipengaruhi oleh “The Dark Side of Japan”.

MT-125 menawarkan posisi riding lebih tegak dibandingkan YZF-R125. Posisi duduk lebih santai dengan setang lebar dan sudut kemudi direvisi. Diklaim nyaman buat harian. Ketinggian jok juga dibuat lebih rendah dan tangki bahan bakar lebih pendek dari YZF-R125.

Soal harga, belum ada konfirmasi dari Yamaha. Tapi, lebih murah sedikit dari YZF-R125. Kapan ke Indonesia ya? (www.motorplus-online.com)