Find Us On Social Media :

Sejarah Pendiri Suzuki Dari Petani Tenun Hamamatsu

By Motorplus, Sabtu, 25 April 2015 | 07:21 WIB
()

Inilah sejarah pendiri Suzuki dari petani tenun Hamamatsu. Dua ratus kilometer dari Tokyo, terdapat kota kecil berjuluk Hamamatsu, tempat kelahiran Michio Suzuki, anak petani tenun yang saat mudanya punya profesi tukang kayu. Tahun 1909 doi udah berumur 22 tahun dan dia sudah coba-coba membangun mesin di pabrik tenun milik ayahnya.

Sejarah pendiri Suzuki dari petani tenun Hamamatsu diawali tahun 1920. Ia memutuskan membangun Suzuki Motor Company dibawah Suzuki Loom Manufacturing. Tahun 1938 mereka memperkenalkan mobil buatannya terinspirasi dari bentukan Austin Seven.

Baru, tahun 1951 mereka meracang mesin yang bisa dipasang di sebuah sepeda. Ide ini nggak luar biasa. Pasalnya ratusan perusahaan Jepang saat itu memiliki ide yang sama, ambil contoh ide Soichiro Honda tahun 1946 yang membuat mesin kecil untuk sepeda bagi tentara Jepang di PD II. Di saat itu Suzuki membuat motor ber-cc kecil (36 cc) bernama Atom yang tak pernah diproduksi secara masal.

Sejarah Suzuki nggak bisa lepas dari dinamika penjualan mereka di Amerika, khususnya motor cc kecil di tahun 1963. Motor dan ATV mereka cukup membuat publik Amerika jatuh hati. Belum lagi produk mereka untuk keperluan kapal laut. Tapi yang jelas, kiprah mereka di balapanlah yang menorehkan tinta emas dalam perkembangan pabrikan ini.

Misal di tahun 1986 replika Superbike versi balap dibuat untuk jalanan lewat GSX 750. Bagi pecinta motor, varian ini sangat racy (bernuasa race) dan bikin adrenalin pecinta balap jalanan bergolak. coba nikmati! Bodyworknya full fairing, frame aluminium dan menjadi motor teringan di kelasnya.

Banyak rider terbaik Amerika dalam jangka waktu 15 tahun sejak kelahiran GSX mematangkan skill mereka di motor ini. Comot saja sang legenda, Kevin Schwantz yang menang di Daytona 200-Miler in 1988 dan beberapa nama besar di ajang superbike macam  Jamie James juara Superbike Championship 1989 atau pembalap Oztrali, Mat Mladin yang jadi jawara AMA Superbike Championships in 1999 and 2000. Oh ya, belum lagi kiprah mereka di kelas GP 500 cc seperti yang disemplak Kenny Robert Jr di RGV 500 dan merajai seri balap di tahun 2000.

Siapa sangka, kiprahnya sampai sekarang bermula dari Michio, anak tukang tenun di kota kecil Hamamatsu, sekota dengan pendiri Honda, Soichiro. (www.motorplus-online.com)