Find Us On Social Media :

Modifikasi Kawasaki KZ200 Boardtrack Buat Touring Dan Harian

By Motorplus, Jumat, 30 Desember 2016 | 16:57 WIB
()

Buat Drie Heru, builder asal Wonosobo ini motor jenis boardtrack selalu menarik buat digarap meskipun desainnya udah keluar seabad yang lalu. Kali ini modalnya sebongkah mesin Kawasaki KZ200 alias Binter Merzy. Heru modifikasi Kawasaki KZ200 model Boardtrack buat touring dan harian.

Frame aslinya tentu udah gak dipake lagi. “Rangka saya bikin baru semuanya sesuai dengan konsep dan kebutuhan saya,” ujar Mas Drie panggilan akrabnya.

Proses pembuatan rangka dan part bodi lain dikerjakan sendiri di workshopnya Udhug Classic Service di Kaliwiro, Wonosobo. Sesuai pakem boardtrack yang bentuk dasarnya merupakan transisi antara sepeda gowes dan sepeda motor, bentuk backbone dibikin memanjang dari komstir sampai sadel dengan tangki yang menggantung di bawahnya.

Part lain seperti suspensi depan juga dibikin sesuai teknologi se era motor boardtrack dan roundtank yaitu pakai model springer. Teromol depan pakai Suzuki TS yang masih berbentuk teromol payung sesuai dengan tampilan khas motor sebelum perang dunia.

Mas Drie juga gak asal jiplak motor era 1910-1920an itu. Unsur kenyamanan dan keamanan juga diperhatikan. “Motor ini sering saya pakai dan buat touring jauh juga,” beber Mas Drie. Maka dari itu, buat kompromi sama kenyamanan suspensi belakang pake sistem plunger yang popular di motor-motor eropa dekade 1940-1950an. Sistem pengereman belakang juga pakai disc brake buat jaga-jaga kalau ngerem mendadak. (www.motorplus-online.com)