Find Us On Social Media :

Tips Pasang Kruk As Mudah Dengan Gas Catrige!

By Motorplus, Jumat, 10 Februari 2017 | 18:59 WIB
()

Pemasangan kruk as yang tidak  benar / sempurna bisa  mengakibatkan kruk as tidak center lagi, ini sangat berlaku untuk motor yang sudah mengalami modifikasi pada bagian poros engkol, seperti di ganti pen struk yang lebih tinggi ukurannya,  atau dengan cara digeser dari posisi lubang pen yang standar.

Alhasil  kedudukan crankshaft terhadap bearing pun tidak benar, jika ini terjadi maka potensi masalah yang akan timbul Mesin bergetar, Timbul suara kasar, Power mesin kurang, Boros bahan bakar, Stang seher, kruk as & bearing mudah rusak, Rumah bearing crankcase mudah aus bahkan retak karena getaran.

Untuk para bro-bro sekalian, Ada solusi mudah untuk memasang kruk as ke crankcase, dengan cara memanaskan rumah bearing crankcase dengan menggunakan gas catridge yang biasa digunakan di kompor portable, mudah kan.

 Caranya "Bersihkan crankcase yang mau dipasang kruk as, lalu bakar atau panaskan pada dudukan rumah bearing kruk as selama 5-10 menit, lalu dengan mudah kruk as masuk ke crankcase tanpa digetok, dijepit atau press yang bisa mengakibatkan kruk as menjadi “geol” atau tidak center. Jelas Santoso alias Tukul mekanik yang bermarkas di Kalimalang, Jakarta Timur.

Tapi harus di ingat sebelum pemasangan kruk as ke crankcase, kruk as harus melakukan "balancing position" di tukang bubut supaya center pada kedua as-nya.

"Saat pemasangan di crankcase tidak boleh terkena benturan sedikitpun agar posisi kruk as tetap center dan balans, maka itu dengan melakukan pembakaran / pemanasan sangat efektif untuk kruk as yang sudah mengalami rubahan" tutup Tukul. (www.motorplus-online.com)