Find Us On Social Media :

Modifikasi Yamaha Scorpio L-Twin Doyan Turing

By Motorplus, Senin, 13 Maret 2017 | 05:30 WIB
()

()

M. Yusuf Adib Mustofa dari Semangat Putra Motor (SPM), Purwokerto yang doyan cuztomized engine, kali ini bikin lagi mesin L-Twin. Ayah dua putri ini bikin L-Twin cylinder berbasis Yamaha Scorpio. Konsep keseluruhan mengacu motor turing. Pemilik brand Psycho Engine ini meracik desain bodi ala Yamaha XJR 1300.

Meski mesin tak sebesar XJR1300, namun mesin L-Twin yang cukup gambot, membuat estetika bodi tampak padat. Termasuk olahan kaki-kaki yang dibuat besar.

()
Sistem kerjanya ada dua setang piston, dibuat menyatu pada satu pen, yang nemplok di satu buah kruk as. Jadi, dua setang tersebut dipasang berjejer, dengan model ring tipis sebagai pemisah antara dua setang piston.Nah, setelah merangkai setang piston, baru deh Yusuf meracik crankcase dengan model cor aluminium. Karter asli Scorpio dirombak lebih lebar 25 mm ke arah kiri sebagai tempat dudukan silinder baru.
()
Olahan mesin dibuat aman agar bisa main jauh, seperti isi silinder yang masih bawaan pabrik. Kalkulasinya 2 x 225 = 450 cc. Kapasitas ini diyakini aman, soalnya masih sesuai spek bawaan pabrik. Namun karakter mesin 2 silinder sedikit ngejambak saat akselerasi. Makanya, Yusuf modif kampas kopling bawaan motor jadi 7 keping dan atur ulang final gear pakai kombinasi 18/38, agar tarikan lebih kalem.
Mengimbangi beban mesin dan bodi yang membengkak, sikilan dibuat kekar. Tentunya agar kuat menahan beban berat yang harus digendong. Ajrutan depan comot upside down Suzuki TL1000.
Sedangkan monosok pakai YSS. Komponen Suzuki TL 1000 juga dipakai pada bagian alas roda depan-belakang dengan lebar 3,5 inci dan 6 inci pada roda belakang. “Nikung jadi lebih anteng dan stabil,” cocor Yusuf yang lahir di Blitar, Jawa Timur ini.

(www.motorplus-online.com)