Find Us On Social Media :

Waduh, Hak Konsesi KTM di MotoGP Telah Dicabut, Apa Saja Kerugiannya?

By Indra Fikri, Jumat, 28 Agustus 2020 | 15:55 WIB
Miguel Oliveira (kanan) gak nyangka menang MotoGP Styria 2020, (23/8/2020). Rayakan kemenangan bersama bos tim Red Bull KTM Tech 3, Herve Poncharal (kiri) (Twitter @tech3racing)

MOTOR Plus-online.com - Hak konsesi KTM telah dicabut karena telah mengumpukan kemenangan keduanya pada MotoGP 2020, apa saja kerugiannya?

KTM memenangi MotoGP Ceko 2020 lewat Brad Binder, kemudian Miguel Oliveira di MotoGP Styria 2020, selain itu ada Pol Espargarò di podium ke-3.

Itu telah mengumpulkan akumulasi 7 poin konsesi untuk pabrikan asal Mattighofen yang terpaksa meninjau kembali jumlah tes privatenya.

Setelah tiga musim pertama yang sulit, KTM membuat langkah terakhir yang menentukan musim dingin lalu, berkat tes kerja yang sangat baik dari Dani Pedrosa.

Pengerjaan tajam dilakukan pada sasis yang membuat RC16 lebih fleksibel saat menikung, serta perbaikan di semua sektor lainnya.

Baca Juga: Mantap, Miguel Oliveira Dapat Ucapan Khusus dari Legenda MotoGP

Baca Juga: KTM Menangi MotoGP Styria 2020, Danilo Petrucci Gak Sabar Ngegas KTM

Setelah kehilangan hak konsesinya, pembalap KTM tidak lagi memiliki hak untuk melakukan tes tanpa batas dan harus mematuhi tes yang diumumkan oleh IRTA selama musim tersebut.

Mulai kemarin dan hingga besok Dani Pedrosa akan tes kembali di sirkuit Misano, guna juga mengumpulkan data-data penting dalam rangka MotoGP berikutnya.

Mulai 2021, pembalap penguji Spanyol akan memiliki sejumlah tes dan, KTM harus memilih hanya tiga sirkuit untuk diuji.

Pengembangan mesin akan diblokir pada awal musim.

Pembalap hanya akan memiliki 7 mesin setiap tahun, sebelumnya dengan 9 mesin.