Find Us On Social Media :

Ada Slang Hitam Tapi Bolong di Bawah CVT, Ternyata Fungsinya Penting

By Muhammad Farhan,Indra Fikri, Selasa, 20 Juli 2021 | 13:00 WIB
Terdapat slang hitam pendek tapi berlubang di bawah CVT motor matik, ternyata fungsinya sangat penting. (Indra/MOTOR Plus)

MOTOR Plus-online.com - Terdapat slang hitam pendek tapi berlubang di bawah CVT motor matik, ternyata fungsinya sangat penting.

Jarang yang paham kalau slang kecil ini mempunyai fungsi cukup penting dan kondisinya perlu diperiksa seiring pemakaian.

Slang hitam ini jangan sampai hilang atau sengaja dicopot, sebab fungsinya untuk menjaga pendinginan CVT sekaligus mencegah masuknya air dari luar.

“Meskipun tampak seperti kantung yang tertutup, sebetulnya ini adalah slang hawa supaya sirkulasi udara di CVT terjaga sehingga tidak mengalami panas berlebih,” terang Anggi Rizky, Kepala mekanik AHASS Wahana Artha Ciputat, Tangerang Selatan.

Terlihat pada bagian ujung slang hawa tersebut dibuat seperti tertutup rapat, padahal berlubang.

Desainnya bolong namun terlihat rapat seperti itu supaya cipratan air atau genangan dari luar tidak sampai masuk ke dalam CVT, namun masih bisa membuang hawa panas.

Singkatnya, hawa panas dari dalam CVT bisa keluar, namun kotoran dan air dari luar tidak bisa masuk ke dalam CVT.

Slang ini terletak di bagian bawah, tujuannya jika ada air atau oli yang masuk ke dalam CVT bisa keluar lewat slang tersebut.

Baca Juga: Slang Kecil Bening di CVT Ini Bikin Bingung Pemilik Motor Matic, Padahal Fungsinya Penting

Baca Juga: Pemilik Motor Matic Jarang yang Tahu, Slang Kecil Bening Ini Fungsinya Vital