Find Us On Social Media :

Terungkap, Alasan Saklar Sein Motor Honda Ada di Bawah Tombol Klakson

By Muhammad Farhan,Indra Fikri, Selasa, 10 Agustus 2021 | 17:15 WIB
Terungkap, inilah alasan kenapa posisi saklar sein motor-motor keluaran Honda terletak di bawah tombol klakson. (Indra/MOTOR Plus)

MOTOR Plus-online.com - Terungkap, inilah alasan kenapa posisi saklar sein motor-motor keluaran Honda terletak di bawah tombol klakson.

Jika di motor-motor pabrikan lain, posisi saklar sein berada di atas klakson, berbeda dengan motor-motor keluaran Honda.

Di motor Honda tipe bebek, matic hingga sport, posisi saklar sein ini telah berpindah posisi menjadi di bawah tombol klakson sejak tahun 2009 silam.

Selain menjadi ciri khas sendiri motor-motor keluaran Honda, bertukarnya posisi antara tombol lampu sein dan klakson ternyata ada alasannya.

“Berdasarkan riset dari pabrikan, posisi tangan di sebelah kiri lebih mudah menjangkau tombol yang letaknya di paling bawah sehingga tombol sein ditukar ke bawah,” kata Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion PT. WMS.

Dengan demikian, perubahan itu diharapkan bisa membuat bikers jadi lebih mudah dan terbiasa dalam mengoperasikan tombol lampu sein.

Lampu sein sendiri menjadi salah satu fungsi penting dalam berlalu lintas.

Perangkat ini juga berguna sebagai sarana komunikasi dengan pengguna kendaraan lainnya di jalan.

Baca Juga: Tambah Ilmu, Lampu Sein Berwarna Kuning Ternyata Ada Alasannya Bro

Baca Juga: Jangan Ganti Lampu Sein Jadi Warna Putih Kalau Ogah Dipenjara atau Denda Segini