Find Us On Social Media :

Sadis, Penebar Ranjau Paku Ngaku Naikkan Harga Ban Dalam 3 Kali Lipat

By Indra Fikri, Senin, 27 September 2021 | 16:00 WIB
Sadis, pelaku penebar ranjau paku mengaku tega menaikkan harga ban dalam motor sampai tiga kali lipat. (Dok. Abdul Rohim via Kompas.com)

MOTOR Plus-online.com - Sadis, pelaku penebar ranjau paku mengaku tega menaikkan harga ban dalam motor sampai tiga kali lipat.

Seorang tukang tambal ban, berinisal BIP (43) nekat menebar ranjau paku rangka payung di kawasan Jalan Jenderal Gatot Soebroto dan MT Haryono, Jakarta, demi mencari keuntungan.

BIP mengaku, tujuan menebar ranjau paku supaya ban pemotor kempes dan menambal ban di tempatnya.

“Banyak laporan di Twitter, Instagram Polsek Tebet maupun Instagram Polsek-Polsek yang dilalui Jalan Gatot Soebroto dan MT Haryono mereka tiba-tiba bannya gembos," kata Kapolsek Tebet, Kompol Alexander Yuriko Hadi.

"Dan harus secara terpaksa menambal ban atau mengganti ban dalam. Bukan murni musibah tetapi ini dibuat-buat. Untuk apa motifnya? Untuk mengambil keuntungan,” lanjutnya dikutip dari Kompas.com.

Alex menambahkan, BIP menjual jasa tambal ban dan penggantian ban dalam dengan harga yang tidak wajar kepada korban-korbannya.

Pelaku mengaku menjual ban dalam dengan harga tiga kali lipat dari harga normal.

“Harga ban ini pasarannya Rp 20 ribu. Akan tetapi jika karena paku yang ditebar sendiri oleh saudara BIP untuk kemudian diperbaiki di bengkel yang bersangkutan, maka biayanya adalah Rp 75 ribu. Artinya hampir tiga kali lipat,” ungkap Alex.

Baca Juga: Harga Cairan Anti Bocor Ban Tubeless Motor, Ini Plus Minusnya

Baca Juga: Kenalin Nih Bro, Driver Ojol Penyapu Ranjau Paku Jalanan Jakarta