Find Us On Social Media :

Jelang MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika, Pemerintah Siapkan Karantina Covid-19 Khusus

By Fadhliansyah, Rabu, 19 Januari 2022 | 12:15 WIB
Jelang MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika, Pemerintah Siapkan Karantina Covid-19 Khusus (WorldSBK)

MOTOR Plus-online.com - Jelang MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, pemerintah siapkan karantina Covid-19 khusus.

Brother yang doyan balap pasti sudah tahu kalau di bulan Maret 2022 MotoGP akan digelar di Indonesia.

Nah terkait hal itu, pemerintah sudah menyiapkan konsep karantina gelembung atau bubble.

Karantina gelembung ini memang akan diaplikasikan pada penyelenggaraan kegiatan-kegiatan internasional yang akan dilaksanakan di Indonesia sepanjang tahun 2022.

Di antaranya adalah MotoGP Mandalika, Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR), Conference of Party 4.2 Minamata Convention, dan Konferensi Tingkat Tinggi G20.

"Sistem bubble ini dikembangkan dalam rangka untuk tetap mendukung kegiatan internasional penting pada saat kasusnya juga harus relatif terkendali," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, dalam rapat dengan Komisi IX DPR, Selasa (18/1/2022).

Wiku menjelaskan, konsep karantina bubble dapat diartikan dengan mengelompokkan orang untuk aktivitas tertentu tanpa harus melakukan karantina.

Tetapi, orang-orang yang berada di bubble tersebut mesti memenuhi syarat seperti telah divaksinasi, negatif Covid-19 berdasarkan hasil tes PCR, dan hanya beraktivitas di tempat atau bubble tersebut.

Baca Juga: Penonton MotoGP Indonesia 2022 Enggak Becek-becekan Lagi di Sirkuit Mandalika

Wiku melanjutkan, konsep karantina bubble juga mirip dengan karantina wilayah di mana orang yang sudah keluar dari bubble tidak bisa masuk kembali.

"Seperti orang dari Indonesia misalnya, kalau persyaratannya sudah terpenuhi screening semuanya, masuk, nanti kalau keluar dia enggak bisa masuk lagi," ujar Wiku.

Dengan konsep tersebut, kata Wiku, orang-orang yang datang dari luar negeri tidak perlu menjalankan karantina setibanya di Indonesia dan dapat langsung beraktivitas.

Menurut Wiku, konsep karantina bubble ini telah sukses diterapkan pada ajang Indonesia Badminton Festival di Bali pada akhir 2021 dan mendapat respons positif dari para atlet.

"Jadi kalau kita bisa menciptakan keadaan-keadaan seperti ini untuk aktivitas-aktivitas internasional seperti G20, GPDRR, dan lain-lain, maka aktivitas internasionalnya bisa tetap berjalan tapi tetap aman Covid," ujar Wiku.

Ia menambahkan, penyiapan kebijakan atau protokol detil mengenai sistem karantina bubble masih digodok dan akan dijelaskan oleh Kementerian Kesehatan pada waktunya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Siapkan Karantina "Bubble" untuk Moto GP dan KTT G20"