Find Us On Social Media :

PLN Siapkan 2 Gardu Induk Untuk Kelistrikan Sirkuit Mandalika, Jelang MotoGP Indonesia 2022

By Ardhana Adwitiya, Selasa, 8 Maret 2022 | 18:30 WIB
PLN siapkan 2 gardu induk untuk suplai listrik di Sirkuit Mandalika, Lombok jelang MotoGP Indonesia 2022. (Dok. Humas PLN NTB)

MOTOR Plus-online.com - PLN siapkan 2 gardu induk untuk suplai listrik di Sirkuit Mandalika, Lombok jelang MotoGP Indonesia 2022.

MotoGP Indonesia 2022 atau MotoGP Mandalika tinggal dua minggu lagi (18-20/3/2022).

Ronde kedua MotoGP 2022 itu akan digelar di Sirkuit Mandalika atau Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah NTB menyiapkan dua gardu induk untuk menyuplai listrik saat perhelatan MotoGP Indonesia 2022.

General Manager PLN NTB, Sudjarwo menjelaskan, suplai utama listrik di MotoGP Mandalika akan dipasok dari dua gardu induk yaitu gardu induk Sengkol dan gardu induk Kuta.

"Fungsi utama GI (gardu induk) adalah mentransformasikan tegangan. Listrik dari pembangkit akan masuk ke GI, dan selanjutnya akan didistribusikan ke Sirkuit Mandalika," Terang Sudjarwo dikutip dari Kompas.com, Selasa (8/3/2022).

Ia menjelaskan, suplai utama kelistrikan untuk MotoGP Mandalika berasal dari Sistem Kelistrikan Lombok.

Beberapa Unit Uninterruptible Power Supply (UPS) disiapkan sebagai lapis kedua dan genset sebagai lapis ketiga, apabila terjadi gangguan pada suplai utama dan kedua.

Sistem Kelistrikan Lombok sendiri terhubung melalui transmisi 150 kV atau dikenal dengan istilah Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT).

Baca Juga: Anti Ngejepret, PLN Perkuat Kelistrikan Sirkuit Mandalika Jelang Tes MotoGP Indonesia 2022