Find Us On Social Media :

Aprila Senang Aleix Espargaro Gasak Kemenangan Pertama Di MotoGP, Senang Boleh Hak Istimewa Siap-siap Hilang

By Joni Lono Mulia, Rabu, 6 April 2022 | 15:30 WIB
Aleix Espargaro juara di MotoGP Argentina 2022, Aprilia senang sekaligus siap-siap kehilangan hak istimewa alias konsesi (Michelin/PhotoPSP Lukasz Swiderek)

MOTOR Plus-online.com - Pembalap Aprilia Racing Aleix Espargaro gasak kemenangan di MotoGP Argentina 2022 lalu, Aprilia boleh senang dan rasanya siap-siap hak istimewa hilang.

Hak istimewa apa nih yang hilang dari skuat Aprilia pabrikan?

Hak istimewa atau lebih dikenal dengan konsesi merupakan faktor menguntungkan bagi Aprilia yang menjadi skuat MotoGP pabrikan yang kembali ke MotoGP 2015 silam.

Hak istimewa atau konsesi merupakan kompensasi atau kemudahan bagi tim MotoGP yang belum pernah meraih kemenangan.

Hak istimewa atau konsesi itu di antaranya jatah 9 mesin untuk satu musim penuh, sedangkan alokasi 7 mesin bagi tin non-konsesi.

Kemudian boleh melakukan tes privat dengan mengandalkan pembalap reguler MotoGP, sedangkan tim non-konsesi hanya dibolehkan test rider atau pembalap pengujinya.

Lantas tidak ada segel atau gak boleh melakukan pengembangan mesin di saat musim berjalan, sementara tim nonkonsesi sudah mendaftar dan disegel alokasi 7 mesin sebelum ronde pertama MotoGP berlangsung.

Serta, boleh menurukan 6 wild card dalam satu musim MotoGP, sementara skuat nonkonsesi hanya dapat jatah 3 wild card saja.

Hak istimewa atau konsesi itu ada masa berlaku atau expired datanya dengan syarat tim nonkonsesi dalam 2 musim beruntun mendulang minimal total 7 poin konsesi.

Baca Juga: BREAKING NEWS, Marc Marquez Resmi Balapan Lagi Di MotoGP Amerika 2022