Find Us On Social Media :

Kepala LEMIGAS Tegaskan Semua Pertalite Memiliki RON di Atas 90. Gini Penjelasannya

By Didit Abdillah, Senin, 17 Oktober 2022 | 17:30 WIB
Kepala LEMIGas tegaskan kalau semua sample Pertalite memiliki RON di atas 90 dan tidak ada yang di bawah standar. (TribunPontianak.co.id)

Motor PLUS-Online.com - Kualitas BBM jenis Pertalite menjadi pusat perhatian setelah harganya naik. 

Namun kualitasnya dirasa menurun kala beberapa warganet merasa Pertalite jauh lebih boros dan lebih merusak mesin. 

Hingga akhirnya ada salah satu netizen yang menguji kalau Pertalite hanya memiliki okan RON 86, bahkan lebih buruk daripada Premium. 

Pihak LEMIGAS pun melakukan uji coba dengan mengambil Pertalite dari beberapa SPBU dan menilai tidak ada masalah dari kualitas Pertalite yang mereka coba. 

Kepala LEMIGAS Direktorat Jenderal Migas Ariana Soemanto menambahkan, hasil pengujian dari pengujian Pertalite di beberapa SPBU yang dilakukan,

Hingga menunjukkan bahwa BBM jenis RON 90, memilik kadar yang sesuai atau berada pada kisaran 90,1 sampai dengan 90,7.

“Untuk tahap awal, pengujian Pertalite ke beberapa SPBU telah dilakukan. Salah satu parameter uji-nya yaitu angka oktan (RON), dimana dari hasil pengujiannya tidak ada yang RON-nya dibawah 90," ujar Ariana Soemanto. 

"Semuanya di atas RON 90 yaitu kisaran 90,1 sampai dengan 90,7. Pengujian ini terus dilakukan secara lebih luas lagi ke berbagai SPBU lainnya, jadi lebih masif lagi,” ujar Ariana dilansir dari Kompas.com

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu silam muncul isu yang menyebut BBM jenis Pertalite menjadi lebih boros pasca penyesuaian harga.

Baca Juga: Grab Maksimalkan Motor Listrik Viar Q1 untuk Operasional Driver Ojol

Menyikapi hal ini, Pemerintah melakukan pengujian mutu BBM secara teknis dan dinyatakan seluruhnya on-spec.

Pada tahap awal, sampel BBM diambil dari 6 SPBU di Jakarta terkait standar dan mutu dari Pertalite yaitu SPBU Lenteng Agung, SPBU di Taman Mini (2 SPBU), SPBU Abdul Muis, SPBU di Sunter dan SPBU di S. Parman.

Selanjutnya, pengujian juga diperluas ke SPBU-SPBU lainnya.

Baca Juga: Dianggap Gila, Aipda HR Coret Kantor Polisi dan Mobil Patroli Dengan Tulisan Raja Pungli