Find Us On Social Media :

Ada Pembalap Keturunan Indonesia Di WSBK Mandalika 2022. Pembalap Indonesia Asli Gimana?

By Didit Abdillah, Selasa, 8 November 2022 | 16:30 WIB
Michael Van Der Mark, pembalap dari tim BMW Motorrad WSBK Team yang merupakan keturunan Indonesia dari sang Nenek. Akan berlaga di WSBK Mandalika mendatang. (BMW Motorrad)

Motor PLUS-Online.com - Menjelang WSBK Indonesia 2022 di sirkuit Mandalika akhir pekan ini (11-13/11/2022) jelas menjadi pertanyaan apakah ada pembalap Indonesia?

Dalam sejarah gelaran WSBK, belum pernah ada pembalap Indonesia yang berkiprah di kelas utama, tetapi ada pembalap keturunan Indonesia. 

Dia adalah Michael Van Der Mark dari BMW Motorrad WSBK Team yang mengaku keturunan Indonesia dari sang Nenek. 

Motor PLUS pernah melakukan wawancara tatap muka dengan Michael Van Der Mark dan dia menceritakan kalau neneknya berasal dari Ambon. 

Bahan Michael Van Der Mark siap pindah kewarganegaraan menjadi WNI jika ada yang memberikannya sponsor. 

Prestasi Michael Van Der Mark pun tak bisa dipandang sebelah mata, di WSBK ia sudah lima kali menang dari 40 podium yang ia raih. 

Tahun ini pencapaiannya agak melorot karena ia sempat cedera tulang paha dan agak kesulitan bersaing di barisan depan. 

Bicara mengenai pembalap Indonesia di kancah WSBK, paling tinggi adalah di ajang World Supersport (WSSP) dengan kapasitas mesin 600 cc yang menjadi kelas menengah dari WSBK. 

Dua pembalap Indonesia sudah pernah berkiprah di sana, dan sama-sama pembalap asal Jogjakarta, mereka adalah Doni Tata Pradita dan Galang Hendra Pratama

Baca Juga: Waspada Tiket Palsu WSBK Mandalika 2022, Bisa Tekor Puluhan Juta Rupiah