Find Us On Social Media :

Status Gunung Semeru Dinaikkan Jadi Awas, Bikers Diminta Pakai Masker

By Indra Fikri, Minggu, 4 Desember 2022 | 15:30 WIB
Ilustrasi Foto. Gunung Semeru meletus (Istimewa)

MOTOR Plus-online.com - Status Gunung Semeru dinaikkan menjadi Awas, bikers dan warga diminta untuk selalu memakai masker.

Hal ini disampaikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

PVMBG menyatakan Gunung Semeru sudah mulai menyemburkan awan panas dan lava pijar pada shubuh tadi sejak pukul 4.30 WIB.

Kepala PVMBG, Hendra Gunawan seperti dikutip Kompas TV mengimbau agar masyarakat tidak melakukan aktivitas di sekitar gunung berapi Semeru pada radius 8 kilometer.

Pada Minggu 4 Desember 2022 pukul 13.00 WIB, PVMBG juga menaikkan level siaga menjadi level IV waspada gunung berapi Semeru dan saat ini menjadi AWAS!

"Hari ini aktivitas awan panas mulai terjadi sejak pukul 4.30 WIB," kata Hendra Gunawan.

Karena itu PVMBG mengimbau agar masyarakat menggunakan masker agar mencegah masuknya debu vulkanik ke saluran pernafasan.

Gunung Semeru secara administratif terletak dalam dua kabupaten, yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga: Video Gunung Semeru Erupsi Bikin Pemotor Berhamburan Selamatkan Diri

Secara geografis berada pada posisi 8° 6,5’ LS dan 112° 55’ BT dengan tinggi puncaknya 3676 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung Semeru dipantau secara visual dan instrumental dari 2 pos Pengamatan Gunung Api (PGA) yang berada di Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, serta di Desa Agrosuko, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.