Find Us On Social Media :

Ada Indikator V-Belt CVT Di Motor Matic Yamaha NMAX, Bikers Harus Tahu Fungsinya

By Uje,Ardhana Adwitiya, Minggu, 11 Desember 2022 | 21:45 WIB
Ilustasi v-belt di CVT motor matic Yamaha NMAX. (Isal/GridOto)

MOTOR Plus-online.com - Motor matic Yamaha NMAX ternyata punya indikator pengingat penggantian v-belt CVT, bikers harus tahu fungsi dan cara mematikannya. V-belt jadi salah satu komponen penting di CVT motor matic, termasuk Yamaha NMAX.

Seperti diketahui, v-belt terbuat dari bahan karet  yang dicampur serat kawat baja. Berkat paduan bahan tersebut, v-belt sanggup menahan gesekan antara puli depan dan puli belakang.

V-belt biasanya memiliki usai pakai sekitar 15.000-25.000 kilometer. Kalau enggak diperhatikan, v-belt CVT ini bisa putus di jalan.

Untungnya sebelum putus, motor matic Yamaha NMAX dilengkapi indikator atau pengingat untuk mengganti v-belt pada area panel instrumen digital.

"Anjurannya memang v-belt di Yamaha NMAX diganti tiap 25 ribu kilometer pemakaian," kata Dustin owner Garage +62 di Jl. Kembang Kerep No.88, Kembangan, Jakarta Barat.

"Jadi jika sudah melewati 25 ribu kilometer, maka ada indikator v-belt trip yang berkedip untuk mengingatkan pengguna buat mengganti v-belt," tambahnya.

Indikator v-belt di panel instrumen digital motor matic Yamaha NMAX. (Reyhan Firdaus/MOTOR Plus-online)

Tapi apakah setelah ganti v-belt maka indikator tersebut akan hilang dengan sendirinya?

"Tentu saja tidak, karena harus menghilangkannya sendiri. Caranya sangat mudah," ujarnya.

Baca Juga: Ini Fungsi V-Belt di CVT Motor Matic Honda BeAT, Harga Mulai Rp 90 Ribuan