Find Us On Social Media :

Tanda Roller CVT Motor Matic Yamaha NMAX Harus Diganti, Bikin Perjalanan Enggak Nyaman

By Ardhana Adwitiya, Minggu, 18 Desember 2022 | 13:15 WIB
Ilustrasi roller di CVT motor matic Yamaha NMAX. (Kolase Isal/GridOto; Dok. MOTOR Plus)

MOTOR Plus-online.com - Tanda roller CVT motor matic Yamaha NMAX harus diganti, bisa bikin perjalanan bikers enggak nyaman. Roller motor matic Yamaha NMAX harus dicek saat bongkar CVT.

Motor matic seperti Yamaha NMAX dibekali transmisi Continuously Variable Transmission atau disingkat CVT. Di dalam CVT terdapat komponen roller atau pemberat yang punya fungsi penting.

Roller dipasang ke puli depan, tepatnya di Primary Sliding Sheave atau puli primer bergerak. Puli bergerak ini sering juga disebut rumah roller, bekerja mengatur pergerakan puli primer.

Roller pada CVT berfungsi agar rasio pulley dari mesin ke roda bekerja otomatis.

Komponen tersebut menggunakan prinsip gaya sentrifugal atau gaya yang keluar dari sebuah gerakan rotasi dengan arah menjauhi poros putaran.

Perlu brother ketahui, bobot roller CVT motor matic bisa berbeda dengan tipe lainnya.

Misalnya saja untuk Yamaha NMAX baik model lama dan maupun terbaru, bobotnya 13 gram untuk setiap roller. Sementara Yamaha Xeon lebih ringan, yaitu 11 gram per roller.

Sama seperti mesin, bikers juga perlu memperhatikan kondisi roller CVT secara berkala. Terdapat jadwal yang disarankan untuk penggantian roller.

Baca Juga: Kapan Roller CVT Motor Matic Yamaha NMAX Minta Diganti, Ini Jadwalnya Cek Sebelum Turing

Jangan sampai roller aus yang bisa berakibat tarikan berat. Enggak cuma itu, tarikan berat juga bikin konsumsi bensin lebih boros.