Find Us On Social Media :

Benar Enggak Sih, Dyno Test Bisa Bikin Mesin Motor Tambah Kencang

By Indra Fikri, Senin, 16 Januari 2023 | 18:30 WIB
Ilustrasi dyno test, apa benar bisa bikin mesin motor tambah kencang? (Indra/MOTOR Plus)

MOTOR Plus-online.com - Benar atau tidak, metode dyno test bisa membuat mesin motor tambah kencang.

Brother masih ada yang berfikir dyno test bisa bikin mesin motor bisa lebih kencang?

Menurut punggawa Duta Motorsport, Danu Andri Wibisono, sebenarnya jawabannya bisa iya dan bisa juga tidak.

Hal ini tergantung untuk kepentingan apa dyno test yang dilakukan.

"Kalau dyno test hanya ingin mengetahui power dan torsi yang keluar dari mesin tentu tidak bisa bikin tambah kencang," ucap pria yang akrab disapa Wibi.

Meski begitu, metode dyno test ini bisa bikin mesin motor tambah kencang kalau dibarengi dengan mencari settingan yang tepat.

"Dengan dyno test ini sebenarnya cara untuk mengetahui di bagian mana tenaga mesin yang perlu diperbaiki atau belum optimal," sambungnya.

"Nah, dari situ baru bisa dicari solusinya dengan memperbaiki atau mengoreksinya agar tenaga mesin lebih meningkat," tambah Wibi yang bermarkas di Jalan Mayor Mudmuin Hasibuan No. 60, Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Kenapa Dyno Test Enggak Pakai Gigi Tertinggi di Motor

Dyno test sendiri sebenarnya merupakan salah alat untuk mempermudah mekanik meningkatkan atau memaksimalkan potensi mesin motor.

Hal ini karena data yang keluar dari hasil dyno test bisa menjadi rujukan mekanik untuk melakukan perbaikan di bagian mana saja yang harus dikoreksi supaya tenaga mesin bisa meningkat.

"Dengan metode dyno test juga bisa melihat perbedaan performa mesin sebelum dan sesudah mengganti komponen tertentu," ungkapnya.

"Dengan begitu, dyno test juga bisa menjadi tolak ukur seberapa besar pengaruhnya penggantian suatu komponen pada mesin," jelas Wibi yang menggunakan mesin dyno test asal Amerika, yaitu DynoJet 250i di bengkelnya.