Find Us On Social Media :

Nama Resmi Road Race Kejurnas Motor Sport, Indonesia Sportbike Series yang Dimulai di Mandalika

By Didit Abdillah, Kamis, 19 Januari 2023 | 08:22 WIB
Kejurnas Motor Sport yang akan kembali diselenggarakan tahun ini resmi bernama Indonesia Sportbike Series (ISB). Seri pertama digelar di Mandalika. (DAB/MOTOR Plus)

MOTOR Plus-Online.com - Setelah ramai dibahas mengenai kembali diselenggarakannya Kejurnas Motor Sport untuk 2023, kini event tersebut sudah memiliki nama resmi. 

Indonesia Sportbike Series (ISS) resmi menghidupkan Kejurnas Motor Sport yang mati suri sejak terakhir kali digelar tahun 2018 pada era Indospeed Race Series (IRS). 

Kejurnas ISS tahun ini direncanakan digelar dengan tiga seri yang pada seri pembukanya digelar bersamaan dengan WSBK Indonesia 2023 di sirkuit Mandalika (3-5/3/2023) mendatang. 

Namun untuk tahun pertama hanya akan digelar kelas Sport 250 cc karena yang paling banyak peminatnya di kelas Sport 250 cc. 

"Karena di WSBK Indonesia 2023 nanti kan ada slot kosong 2x45 menit yang awalnya dipersiapkan untuk Asia Talent Cup (ATC), jadi kami bikin untuk balap Kejurnas saja," tutur Eddy Saputra, Komisi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat. 

"Soalnya kan gengsinya paling tinggi dan semua tim pasti siap, nanti kita rencanakan tiga putaran setahun, dua ronde setelahnya lebih ramai kelasnya," Eddy Saputra menambahkan. 

"Nanti ada Sport 250, Sport 150, Supersport 600, juga kalau memungkinkan ya ada kelas underbone," timpalnya.

Sejak tidak ada IRS di 2018, kompetisi motor sport memang hanya ramai dari OMR saja baik itu Yamaha Sunday Race dan CBR Day. 

Kini dengan sirkuit Mandalika yang jauh lebih bagus dan makin berkembangnya pembalap Indonesia di kancah motor sport, memang sudah seharusnya Kejurnas Motor Sport dibangkitkan kembali. 

Baca Juga: Dipersiapkan! Road Race Kejurnas Motor Sport Akan Kembali Diselenggarakan, Mandalika Ronde Pembuka