Find Us On Social Media :

Ini Pentingnya Sesi Tes Shakedown MotoGP 2023 yang Akan Dimulai Di Sepang Sebentar Lagi

By Didit Abdillah, Rabu, 25 Januari 2023 | 10:15 WIB
Salah satu pembalap yang ikut tes shakedown MotoGP adalah pembalap rookie, tahun ini hanya Augusto Fernandez si pembalap debutan. (MotoGP.com)

MOTOR Plus-Online.com - Dalam waktu dekat para deru-deru mesin motor MotoGP akan segera meramaikan sirkuit Sepang, Malaysia untuk sesi tes shakedown MotoGP (5-7/2). 

Berbeda dengan tes pramusim yang baru akan digelar di Sepang pada (10-12/2) mendatang, tes shakedown hanya akan dilakukan oleh para test rider. 

Seperti Cal Crutchlow (Yamaha), Stefan Bradl (Honda), Dani Pedrosa (KTM), Michele Pirro (Ducati), dan Lorenzo Salvadori (Aprilia). 

Pembalap reguler yang ikut serta di tes shakedown MotoGP hanya pembalap rookie atau debutan, tahun ini hanya ada Augusto Fernandez sebagai rookie. 

Pentingnya dari sesi tes shakedown ini adalah melakukan ujicoba banyak perangkat prototipe yang nantinya akan dipakai pembalap reguler di sesi tes pramusim utam. 

Baik itu dari aerodinamika, pengereman, dan elektronik semua akan dilakukan ujicoba dulu oleh test rider

Setelah tiga hari dan dinyatakan aman juga layak, maka akan dilakukan tes pada pembalap utama selama tiga hari. 

Maka dari itu pentingnya sesi shakedown kita juga seperti memiliki 'kisi-kisi' akan terobosan apa yang dilakukan setiap pabrikan. 

Hanya saja untuk tes shakedown MotoGP 2023 tertutup dari media, sehingga akan sangat minim informasi yang bisa kita dapatkan selama tes nanti. 

Baca Juga: Siap-siap Beli BBM Pertalite Akan Segera Dibatasi, Begini Kata Menteri ESDM dan Pertamina