Find Us On Social Media :

Begini Penyebab Ban Motor Baru Jangan Langsung Dipakai Ngebut

By Uje,Didit Abdillah, Rabu, 15 Maret 2023 | 18:47 WIB
Ban motor baru sebaiknya jangan langsung dipakai ngebut. Butuh waktu inreyen agar ban di grip optimal. (Ardhana Adwitiya/MOTOR Plus-online)

MOTOR Plus-Online.com - Membeli dan menggunakan ban motor baru memang salah satu kenikmatan sebagai bikers

Apalagi jika menggunakan ban yang sesuai dengan keinginan, baik yang bergaya racing atau dual purpose

Tak sedikit yang langsung membawa motornya di kecepatan tinggi begitu ban baru terpakai, meski sebenarnya hal itu tidak baik langsung dilakukan. 

Selayaknya motor baru, ban baru juga membutuhkan masa inreyen agar kondisi daya cengkeram ban optimal. 

Pernah diungkapkan oleh Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk selaku produsen ban motor merek IRC dan Zenos di Indonesia.

Pasalnya ban motor baru masih memiliki lapisan lilin yang memang diaplikasikan dari setiap produsen ban, pada waktu ban masih dijual di toko. 

"Lapisan lilin ini terbentuk saat pembuatan ban, atau biasa kita sebut curing," Dodiyanto menjelaskan dilansir dari GridOto. 

"Lapisan ini fungsinya adalah agar ban tidak menempel satu sama lain ketika proses produksi, intinya untuk memudahkan saat produksi ban," lanjutnya.

Selain itu lapisan lilin ini berfungsi agar kompon ban tidak rusak selama penyimpanan, tapi tentu saja lapisan ini juga bisa bikin ban jadi licin saat pertama kali digunakan.

Baca Juga: Awas Ban Motor Jangan Sampai Kekurangan atau Kelebihan Tekanan Angin, Ini Alasannya