Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pakai Motor 2-tak Enggak Perlu Ganti Oli Mesin, Apa Benar Begitu?

Ditta Aditya Pratama - Selasa, 14 April 2020 | 20:10 WIB
Honda NSR150
Alam Setyo Hutomo / GridOto.com
Honda NSR150

GridOto.com - Perawatan motor 2-tak dan motor 4-tak memang serupa tapi tak sama, salah satu yang beda misalnya urusan penggantian oli mesin.

Kalau pengguna motor 4-tak harus rutin banget mengganti oli mesin, ada yang bilang motor 2-tak itu malah enggak perlu ganti oli mesin.

Tapi itu cuma sekadar katanya atau faktanya memang begitu, lebih baik langsung tanya ke mekanik yang biasa menangani motor 2-tak.

Kebetulan GridOto.com sempat nih berbincang dengan Aziz Majiid Jauhari dari WD Motorgarage, Wates, yang memang sering menangani motor 2-tak dan juga pelihara Honda NSR150, Yamaha F1Z, dan juga Yamaha V80. Nah apa katanya?

Baca Juga: Jangan Tertipu Asap! Ini Cara Benar Menakar Oli Samping di Motor 2-Tak

"Kalau di motor 2-tak, oli mesin malah kayak oli gearbox karena cuma melumasi kopling dan transmisi," jelasnya.

Makanya kinerja oli mesin yang lebih ringan bikin rentang penggantian oli mesin di motor 2-tak lebih panjang ketimbang oli mesin motor 4-tak sebab oli enggak sampai naik ke area blok silinder.

Tapi bukan berarti enggak perlu dicek sekala berkala ya, sebab menurut Aziz yang perlu rutin dicek justru kebocoran-kebocoran yang bikin oli menetes dan pastinya bikin oli susut juga.

Kalau tidak ada kebocoran, cukup dicek saja paling tidak setahun sekali dengan melihat volumenya pakai dipstik, kalau masih aman ya enggak perlu diganti.

Ilustrasi oli mesin matik
Motorplus online.com
Ilustrasi oli mesin matik

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa