Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Pakai LED, Lampu Sein dan Senja di Motor Bisa Saling Tukar?

Muhammad Farhan - Selasa, 8 September 2020 | 10:44 WIB
Ilustrasi lampu sein dan senja LED di motor
Istimewa
Ilustrasi lampu sein dan senja LED di motor

GridOto.com – Ganti bohlam standar pakai LED, apakah lampu untuk sein dan senja di motor sama dan bisa saling tukar pasang?

Selain bikin tampilan motor lebih modern, tren pasang lampu LED kian digemari karena terbukti lebih hemat daya dan awet dibandingkan bohlam biasa.

Nah supaya enggak salah beli, berikut ini tips buat kalian yang ingin ganti lampu sein dan senja standar di motor pakai lampu LED.

“Kebanyakan motor memakai soket identik antara lampu sein dan senja, yaitu pakai soket T10,” buka Amirudin, owner workshop Amink Projie, Ciputat, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Pasang Segitiga Atas Aluminium di Kawasaki Ninja ZX-25R, Lebih Sporty

Selain dipakai untuk lampu sein dan senja, beberapa motor dengan lampu plat nomor belakang terpisah juga pakai tipe soket T10.

Meskipun kalian bisa saling tukar pasang antara lampu LED untuk sein, senja dan lampu plat nomor, warna lampu perlu diperhatikan.

Macam-macam Lampu LED soket T10
Dok. GridOto
Macam-macam Lampu LED soket T10

“Sein perlu pakai warna kuning sesuai aturan yang berlaku, sedangkan senja dan plat nomor bebas misalkan ingin pakai warna putih atau biru contohnya,” tambah Amink.

Bisa dibilang, meski pakai tipe lampu yang sama namun sein dan senja tidak bisa saling tukar karena pakai warna berbeda.

Baca Juga: Agar Sokbreker Awet, Nih Tips Aman Lewati Speed Trap Pakai Motor Matic

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa