Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motor 2-Tak Perlu Bersihkan Kerak Knalpot Secara Rutin, Ini Alasannya

Muhammad Farhan - Jumat, 18 September 2020 | 12:40 WIB
Ilustrasi knalpot motor 2-tak
Dok Motor Plus
Ilustrasi knalpot motor 2-tak

GridOto.com – Tidak seperti motor 4-tak, ini alasan mengapa knalpot motor 2-tak perlu diperiksa dan dibersihkan dari endapan kerak secara rutin.

Sebagai perangkat gas buang sisa pembakaran di mesin, performa motor bisa dipengaruhi knalpot sehingga kondisinya perlu dijaga dengan baik.

Pada motor 2-tak, ruang bakarnya membutuhkan campuran bensin dan oli samping yang berimbas menghasilkan asap dari knalpot saat mesin beroperasi.

“Sisa pembakaran tersebut menghasilkan kerak yang bakal menumpuk di saluran knalpot motor, sehingga perlu dibersihkan secara berkala,” buka Barutoyo Tri Hastono, pemilik bengkel Pitstop TPZ, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Baca Juga: Jarak Bebas Gas Motor Jangan Terlalu Rapat, Begini Efek Negatifnya

Sebab kalau dibiarkan, endapan kerak tersebut perlahan semakin tebal di dalam knalpot dan menghambat gas buang dari ruang bakar.

“Karena saluran gas buang enggak lancar, efeknya motor bakal sulit dihidupkan, boros dan terasa berat saat dipacu,” jelasnya.

Knalpot Motor 2-tak
hourex150l.wordpress.com
Knalpot Motor 2-tak

Gejala tarikan motor terasa berat enggak hanya saat berakselerasi di putaran bawah, tetapi juga mengejar putaran atas bakal sulit diraih.

Selain dari performa motor, secara fisik pun bisa dilihat pada knalpot motor 2-tak yang sudah dipenuhi endapan kotoran.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa