Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bingung Memilih Ban Tipe Dual Purpose? Pattern Jadi Kuncinya

Fariz Ibrahim - Rabu, 17 Juni 2020 | 23:30 WIB
Salah satu motor dengan aliran dual purpose BMW R 1250 GS
Randy/Otomotifnet.com
Salah satu motor dengan aliran dual purpose BMW R 1250 GS

Otomotifnet.com - Ban alias karet bundar jika diibaratkan pada tubuh manusia merupakan sepatu, sehingga perannya cukup penting untuk menjaga motor tetap menapak saat dikendarai.

Saat ini aliran enduro atau dual purpose semakin diminati, pasalnya alam di Indonesia pun mendukung dengan modifikasi seperti ini, terlebih baru keluarnya skutik bertema adventure yaitu Honda ADV150.

Agar dapat berkendara ‘blusukan’ dengan tetap nyaman dan aman, maka perlu tahu dulu ciri serta teknologi dari ban dual purpose.

“Bedainnya sih dari pattern, kemudian compound-nya juga beda sama ban harian agar gak licin begitu peralihan struktur jalan, dan gak gampang di pinggirnya,” bukan Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development, PT. Gajah Tunggal Tbk yang memproduksi ban sepeda motor IRC dan Zeneos.

IRC GP-5 punya perbandingan 50:50, compound khusus agar tidak licin saat peralihan tekstur jalan
IRC
IRC GP-5 punya perbandingan 50:50, compound khusus agar tidak licin saat peralihan tekstur jalan

Baca Juga: IRC Exato, Ban Baru Yamaha NMAX, Siap Dijual di Dalam dan Luar Negeri!

Memang ban untuk dual purpose punya desain pattern yang sangat berbeda dibanding ban on road, khas dengan bentuk mengotak namun tidak terlalu kasar seperti ban off road, jadi statusnya berada di tengah-tengah deh.

“Sehingga ketika menginjak jalan off road, kerikil dan lumpur bisa masuk ke dalam celah ban, sehingga ban tetap punya grip tanpa kepater. Seperti Aspira Premio Terreno punya perbandingan 60% on road 40% off road."

Aspira Premio Terreno punya compound medium dengan karet yang lebih tebal, sehingga grip tetap maksimal tapi lifetime juga panjang
Istimewa
Aspira Premio Terreno punya compound medium dengan karet yang lebih tebal, sehingga grip tetap maksimal tapi lifetime juga panjang

"Ban ini dijual eksklusif hanya ada di Planet Ban Motor gak ada di tempat lain,” jelas Bima Aryo W., Product Manager Aspira Premio, PT. Astra Otoparts Tbk.

Namun ban dengan pattern besar ini biasanya terasa licin ketika dipakai on road, karenanya ada racikan compound yang berbeda agar tetap mencengkram.

Baca Juga: Rumah Ban Motor Beri Banyak Promo, Diskon Hingga Gratis Ongkir

 

Editor : Antonius Yuliyanto
Sumber : Tabloid OTOMOTIF

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa