Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

"Stoplamp" Unik sebagai "Trademark"

Stanly Ravel - Rabu, 29 Juli 2015 | 17:12 WIB
Jakarta, Otomania - Bagi para modifikator, menciptakan tren baru adalah keharusan. Selain menjadi pembeda, karya modifikasi juga bisa menjadi ciri khas atau "trademark" sang modifikator. Biasanya berupa ubahan khusus atau aksesori tertentu yang tidak dimiliki modifikator lain apalagi dijual di toko aksesori.

Produk 'trademark" ini juga diciptakan Donny Permana dari bengkel Hantu Laut  di Jalan Haji Zeni No 4 Cepete Utara, Jakarta Selatan. Modifikator sepeda motor yang kondang dengan karya-karya berkonsep No-Rule ini punya aksesori lampu belakang (stop lamp) yang unik. Stoplamp ini hanya akan dipasang pada sepeda motor modifikasi hasil karyanya, tidak untuk dibeli terpisah apalagi beli-putus.

"Ini hal baru yang diterapkan. Belum ada yang punya dan dibuat langsung di motor modifikasi, artinya tidak bisa dibeli dan tinggal pasang," ucap Donny  kepada Otomania, Rabu (29/7/2015).

Menurutnya, lampu kecil yang berfungsi sebagai penanda bagi kendaraan dari belakang ini lebih banyak digunakan untuk motor-motor modifkasi bergaya scrambler, tracker, dan cafe racer. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk motor lain seperti bebek yang sudah dimodifikasi atau skutik.

Lampu belakang ini melekat pada rangka belakang, tidak ditempelkan pada bodi. Besi pada rangka belakang dibuat dudukan dengan cara dilubangi untuk slot masuk lampu, ukuranya sendiri harus persisi. Untuk bahan menggunakan besi polo berketebalan 3 mm.

"Untuk lampunya menggunakan model cabe, sedangkan covernya dari Polaris. Untuk pengerjaan dan pasang bisa dilakukan dalam waktu 2-3 jam, yang lama itu saat merapihkan karena setelah dipasang harus didempul agar terlihat rapi melekat pada rangka," ucap modifikator yang akrab disapa Batax ini.

Untuk biaya sebenarnya ia tidak mematok harga tertentu, tapi karena bahan yang digunakan cukup mahal maka ia membandrolnya sekitar Rp 500.000 untuk jenis motor umum. Sedangkan untuk motor-motor moge sedikit lebih mahal, karena pengerjaannya lebih rumit.


Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa