Youth Action For Road Safety, Gaya dan Muda

Motorplus - Senin, 16 Januari 2012 | 11:31 WIB


Safety dan muda sesuai gaya motor
Meningkatnya kesadaran pengendara akan pentingnya safety riding patut disyukuri. Kini pengendara tampil dengan safety gear seperti helm, jaket, sepatu dan sarung tangan sudah jadi perlengkapan standar.   

Berkendara tanpa helm sekarang nggak keren. Bahkan di beberapa lokasi berkendara dengan peranti keselamatan yang baik sudah menjadi bagian dari budaya. Bukan sekadar memenuhi kewajiban agar tidak hanya kena tilang.

Semua ini karena berbagai pihak terus melakukan kampanye tanpa henti. Pabrikan, klub atau komunitas, Kepolisian dan Kementerian Perhubungan dan tentunya juga MOTOR Plus sebagai tabloid pertama sepeda motor di Indonesia.

Kini dengan mengusung konsep Youth Action For Road Safety, MOTOR Plus mencoba mengedukasi bahwa berkendara aman itu juga bisa tetap gaya dan muda. Safety tetap lifestyle.

Sejak 2003, MOTOR Plus terus berkampanye safety riding. Konsep terus mengalami perkembangan. Dari Safety Riding Year, lalu Ride With Care. Konsep ini lebih menekankan aspek peduli dalam berkendara yang pada hakikatnya juga bicara soal keselamatan berkendara.

Lantas pada 2011 atau tepat di ulang tahun MOTOR Plus ke-12 kami mengusung konsep Youth Action For Road Safety 2011. Seperti diketahui sebagian besar merupakan anak muda. Mereka merupakan golongan yang jadi tulang punggung keluarga. Untuk itu, MOTOR Plus mengusung tema ini dalam kampanye safety riding sampai sekarang.

Konsep anak muda ini tidak sekadar nama. Dalam memberitakan safety riding, selalu menyasar kawula muda. Bahkan, kalangan potensial yang sebenarnya belum termasuk ÔÇÿbikerÔÇÖ seperti pelajar Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Sasar juga masuk dalam kegiatan ini.

Bahkan, MOTOR Plus juga beberapa kali ikut langsung kegiatan mengedukasi komunitas. Sharing soal safety riding ini diharapkan juga semakin meningkatkan kesadaran anggota komunitas yang sebagian besar merupakan kalangan anak muda untuk lebih peduli lagi terhadap keselamatan diri dan juga orang lain.

Muda juga dilihat tampilannya. Pakaian safety yang diusung juga konsep kekinian. Seperti pemilihan model jaket keren, sepatu bernuansa muda. Makanya, di edisi kali ini MOTOR Plus mengangkat tema Safety Riding dan Anak Muda. Tentunya berharap agar berkendara tetap menjunjung safety riding tanpa melupa-kan gaya dan tampilan.

Safety Dan Komunitas
Melihat perkembangan peranti dan fashion safety paling gampang dengan melihat dinamika komunitas atau klub. Di sinilah tumbuh subur berbagai aksi dan gaya para anggotanya. Tidak sekadar safety, namun juga gaya. Peranti yang digunakan pun bervariasi. Mulai produsen merek terkenal yang berharga jutaan sampai merek lokal yang harganya cukup terjangkau.

Komunitas Ninja 250R Community Chapter West Jakarta misalnya. Mereka punya perangkat standar yang digunakan sebagai pakaian wajib ketika kongkow. ÔÇ£Apalagi kalau pas lagi turing. Kami wajib menggunakan full safety gear,ÔÇØ sebut Iwan ÔÇÿLaupanÔÇÖ Setiawan, Ketua Ninja 250R Community.

ÔÇ£Kami menggunakan jaket kulit untuk melakukan turing. Untuk sepatu pun demikian. Merek tidak terlalu penting. Yang jelas sepatu itu harus menutupi mata kaki,ÔÇØ tandas Laupan.

Ada dua model yang biasa digunakan. Pertama, sepatu turing sampai mata kaki yang biasa digunakan crosser dan sepatu turing sebatas mata kaki. ÔÇ£Umumnya yang digunakan yang sebatas mata kaki. Selain modelnya lebih simpel, untuk digunakan gaul pun juga bisa,ÔÇØ bilang Laupan.


 Pilih sarung tangan yang sesuai
Untuk sarung tangan, ada dua model. Yang pertama adalah menutup penuh dan sebagian. Walaupun yang lebih direkomendasi menutup penuh namun sebagian dari mereka mengungkapkan, penggunaan menutup sebagian bertujuan supaya pengendara masih memiliki ÔÇÿrasaÔÇÖ terhadap motor tanpa ada batasan media sarung tangan. ÔÇ£Kalau untuk helm rata-rata kami sudah menggunakan helm full-face,ÔÇØ ungkap Laupan lagi.

Bagi komunitas klasik seperti komunitas Honda Scoopy yang tergabung di Scoodenttial, safety dikaitkan dengan tumpangannya. ÔÇ£Kami umumnya menggunakan jaket katun. Walaupun ada juga sebagian yang menggunakan jaket kulit. Safety riding jadi perhatian kami saat ngumpul,ÔÇØ jelas Daniel Morris Tambunan, Ketua Umum Scoodenttial.

Untuk penggunaan helm rata-rata anggota Scoodenttial memakai helm ?¥ atau yang lebih serasi dengan tampilan Scoopy bergaya retro modern. ÔÇ£Untuk peranti lain seperti sarung tangan wajib jika turing,ÔÇØ ungkapnya bersemangat.

Supaya afdal, kita wajib juga share dengan para raja turing seperti kalangan skuteris. Comot klub gede Scooter Owners Group alias SOG. Hampir setiap tahun mereka bikin turing besar, sampai program jelalajah negeri yang dilakukan di tutup tahun 2011 menuju 2012. ÔÇØBagi kami, perlengkapan safety adalah utama,ÔÇØ buka Boy Januar Ariska, founder klub ini.


 Sepatu turing ala crosser dan sepatu turing gaul
Bagi mereka, fesyen dan safety berjalan beriringan. Perlengkapan rider seperti jaket kulit, sepatu booth, helm standar SNI full-face maupun half-face jadi keharusan. Bahkan rompi berisikan colors SOG yang wajib dikenakan saat riding, menjadi salah satu perlengkapan safety juga. ÔÇØJaket itu dipakai untuk menahan angin dan melapisi jaket kulit utama,ÔÇØ katanya.

Soal safety ini juga dibeberkan Indra Panca, salah satu founder dari Tiger Association Bandung (TAB) dan penggagas HTCI (Honda Tiger Club Indonesia). Apalagi karakter motor mereka masuk jajaran motor cepat dan menjadi incaran peturing. ÔÇØSafety menjadi sangat penting. Helm full-face, jaket kulit dan sepatu khusus turing dilengkapi protector yang wajib menutupi mata kaki,ÔÇØ katanya lagi.

Satu hal lagi yang sering dilupakan. Safety nggak semata hanya ada di perlengkapan riding. ÔÇ£Tapi juga ada di pikiran kita,ÔÇØ tambah Jeffrey Polnaja, peturing dunia asal Indonesia.

Bagi Kang Jeje panggilan akrabnya, yang terpenting dari safety di atas motor adalah bagaimana kita bisa membangun state of mind saat naik motor. Selalu berpikiran positif dan menikmati setiap suasana riding adalah kunci keselamatan berkendara.   (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.