Cewek Perlu Teknik Safety Riding Terstruktur!

Motorplus - Rabu, 25 Januari 2012 | 11:15 WIB


Tempa skil dan lebih awas lagi buat pengendara cewek
Di jalanan sekarang, antara rider cewek dan cowok bisa dibilang fifty-fifty. Jadi nggak heran, banyak kecelakaan baik kecil ataupun besar menimpa para Kartini kita. Yap, jalanan memang nggak membedakan gender, siapa saja yang nggak waspada atau minimnya skill membuat mereka rentan tertimpa kecelakaan.

MOTOR Plus share dan diskusi langsung dengan para cewek daily riding dan menggali sedikit problem dan pengalaman mereka. Yuk kita langsung hangout aja dengan beberapa foxy lady dari seputaran zona Tangerang,

Merka terdiri atas berbagai  usia, semuanya daily riding antar jemput anak sekolah, ke pasar dan aktivitas lain. Aminah punya pengalaman jatuh saat membonceng anaknya. ÔÇØAnak Saya dibonceng di depan, spion terhalang tubuh anak nggak kelihatan jadi nyenggol orang jalan dan jatuh,ÔÇØ kata ibu akrab dipanggil Mama Rara.

Ia juga pernah lupa memberi sein  tanda berbelok dan menganggetkan motoris di belakangnya. ÔÇ£Kadang sering rem mendadak karena kaget ada halangan di depan,ÔÇØ jelasnya lagi.

Ibu Ana, rekan Mama Rara sedikit berbagi pengalaman lain, ÔÇØKaget tiba-tiba ada orang nyebrang, ngerem mendadak dan jatuh. Sementara penyebab motor jatuh nggak tahu,ÔÇØ akunya.

Tentunya informasi yang mereka bagi sangat minim karena nggak berdasarkan ilmu safety riding yang terperinci. ÔÇØSepertinya kami memang perlu diberi pengarahan tentang safety riding dari pihak yang peduli,ÔÇØ komentar Mama Rara dan Hj. Nurhasanah rekannya.

Dari obrolan mereka banyak  anggapan keliru. Misalnya jalan terlalu pelan dan kelewat hati-hati  membuat mereka aman, perilaku mengerem mendadak dan secara refleks mengandalkan rem depan dalam kecepatan pelan, menghilangkan traksi hingga ban motor tidak menggigit ban, tidak memanfaatkan engine brake untuk deselerasi sampai posisi duduk keliru dan menghambat daya refleka.

Perilaku yang salah juga bisa disorot. ÔÇØKebanyakan cara berekndara cewek memang kurang safe,ÔÇØ nilai Jusri Pulubuhu dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC),  Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Manuver tiba-tiba dan telat memeberi sein seperti dialami Mama Rara, adanya blind spot daerah yang tidak terlihat di spion, posisi telapak tangan menghadap ke atas yang membuat genggaman tidak maksimal, posisi lengan lurus membuatnya tidak fleksibel, duduk di ujung jok dan banyak lagi.

Untuk soal ini, Inuk Blazer, pembalap cewek  berkomentar. ÔÇØTerus terang saja, hanya 1 dari 1.000 pengendara cewek yang konsen mengasah skill di atas motor. Di sisi lain, sifat kewanitaan seperti kelewat hati-hati, banyak takut dan gampang trauma menjadi hambatan mereka saat riding,ÔÇØ jelasnya.

Padahal kalau bicara secara fisiologis, sebenarnya cewek punya kelebihan dibanding cowok. Mereka punya daya tahan lebih tinggi, sabar dan memiliki naluri tajam. ÔÇ£Hanya memang perlu diasah,ÔÇØ katanya lebih lanjut.

Di sinilah masalahnya, rider Indonesia apalagi cewek nggak mengalami pelajaran naik motor secara terstruktur. ÔÇ£Semuanya learning by doing,ÔÇØ komentar Joel Deksa Mastana, intruktur safety riding dari Jakarta.

 Jadi sudah saatnya kepolisian, pabrikan motor atau bahkan klub lebih peduli di soal safety bagi para cewek ini. Yuk kita galakkan!  (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.