Substitusi Kampas Kopling Jupiter MX 135LC, Biar Setelan Tak Berubah

Motorplus - Senin, 27 Februari 2012 | 07:06 WIB


Seperti dilakukan Bayu Satria di Yamaha Jupiter MX 135 miliknya yang aplikasi kopling manual. Doi substitusi kampas kopling bebek super ini pakai part dari varian merek lain. Yaitu, kampas kopling dari Honda GL-Pro. Tentu ada alasannya dong!

ÔÇØSebenarnya ganti kampas, karena setelan kopling kadang suka rapet atau molor sendirinya. Saran dari temen suruh coba pakai punya GL. Ternyata ampuh, gejala itu enggak balik lagi,ÔÇØ sebut pria yang bekerja di salah satu perusahaan pelumas asal Inggris ini.

Maklum, karena buat aktivitas hariannya, pria yang akrab disapa Ketchup ini andalkan MX 135 lansiran 2009 kesayangannya. Maka itu, doi ingin besutannya sempurna ketika dipakai tanpa ada kendala di jalan.

"Lumayan lah, dari Jatibening ke TB Simatupang. Jangan sampai sudah kena macet, tapi kopling enggak bisa diajak kerjasama,ÔÇØ tambah Ketchup yang memang berkulit gelap tapi berwajah manis ini. Soal harga, kampas GL ditebus Ketchup di harga Rp 125 ribu.

"Sekalian pakai yang orisinal punya. Biar lebih yakin,ÔÇØ alasannya. Sedang part penyalur power engine milik MX 135, ditawarkan Rp 84 ribu. Ditambah kampas kopling yang kecil, Rp 26 ribu. Oh ya! Tapi, sebelum bicara lebih jauh, ada yang sobat perlu ketahui lebih lanjut.


Ternyata, substitusi kampas kopling buat MX, tak hanya mengandalkan milik GL saja. ÔÇØTergantung tahun pembuatan motor. Kalau MX yang awal-awal, bisa pakai kampas Honda Karisma. Tapi, kalau untuk tahun 2009 ke atas, ya pakai GL,ÔÇØ sebut Maman, salah satu mekanik dari MX Shop di Jl. Ciledug Raya, Ciledug, Tangerang.

Perbedaan ini bukan dari bahan kampas yang dipakai, lho. ÔÇØKalau bahan sih sama saja. Perbedaan itu karena jumlah kaki kampas antara GL dan Karisma atau di mangkok kopling MX yang beda,ÔÇØ timpal Sugeng dari Cineng Motor di Ciledug, Tangerang.

Karena jumlah kaki atau dudukan kampas ke mangkok kopling beda, tentu kampas bisa enggak bisa terpasang. Selain itu, lebarnya juga sedikit beda. Oh ya! Kampas milik Karisma dijual Rp 150 ribuan di pasaran.

Lanjut! Nah, substitusi kampas di MX lansiran 2009 ke atas, musti pakai 5 lembar kampas milik Honda GL. ÔÇØPakai 5 lembar. Tapi, kalau bisa ring tambahan yang orisinal MX ikut dilepas. Diisi kampas kopling semua,ÔÇØ saran Maman.

Sedang buat MX lansiran awal, pakai 6 kampas kopling milik Karisma. ÔÇØIya. Pakai 6 lembar, kalau enggak kopling di mangkok jadi longgar,ÔÇØ tambah Maman.

Nah, itu baru dua tipe friction clucth yang diaplikasi. Sesuai judul diatas, masih ada satu lagi kampas kopling yang bisa disubstitusi ke MX 135 tahun 2009 keatas. ÔÇØBisa juga pakai punya Kawasaki AR-125,ÔÇØ bilang Sugeng.

Sama seperti kampas yang lain, buat pakai kampas motor sport Kawasaki lansiran 80-an ini tak perlu ubah atau melakukan penyesuaian part. Jadi, memang tinggal pasang ke mangkok kopling.

Tetap pakai 5 lembar, menurut Sugeng hasil yang diberikan kampas substitusi ini tak kalah bagus dari GL. ÔÇØSudah ada beberapa yang coba,ÔÇØ sebutnya.

Soal harga, kampas kopling AR-125, di pasaran dijual Rp 25 ribu per lembar. Jika pakai 5 lembar, itu artinya kudu rogoh kocek Rp 125 ribu. Wah, enggak beda dong dengan milik GL. Dipilih! (motorplus-online.com)


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular