Menyimpan Barang Elektronik di Bagasi Motor, Cepat Rusak?

Motorplus - Minggu, 11 Maret 2012 | 07:38 WIB


Semakin banyak mobilitas pengendar, tentunya butuh kompartemen luas untuk bisa menempatkan barang bawaan. Termasuk alat kerja seperti laptop atau peranti elektronik lainnya. Boks bagasi atau bagasi besar bisa dijadikan pilihan menarik bagi mereka yang supersibuk. Namun, menaruh alat kerja yang konon ringkih ini di bagasi apakah memiliki persoalan?

Panas Berlebih
Dalam kondisi normal, panas di jalan bisa mencapai 38 derajat celcius. Angka ini terus bertambah jika berada di ruangan tertutup seperti boks bagasi. ÔÇ£Kalau motor dalam kondisi jalan, sebenarnya panas bisa terkurangi karena hembusan angin,ÔÇØ kata Iqbal dari Honda Tiger Miling List (HTML).

Namun yang jadi masalah kalau motor dalam posisi diam alias tidak bergerak. Seperti di kemacetan. ÔÇ£Dalam waktu lama, akan memiliki masalah dengan perangkat elektronik atau komunikasi yang kita taruh di bagasi itu,ÔÇØ tambah Iqbal.

Yang pasti, unsur seperti karet yang menjadi peredam di alat itu akan mudah getas atau mencair. ÔÇ£Tapi kalau untuk komponen lainnya tidak ada masalah,ÔÇØ cuap Iqbal.

Dia menyarankan lebih baik laptop dikeluarkan dari boks daripada berdiam diri lama di dalam sehingga kemungkinan rusak bisa jadi lebih besar.

Guncangan



Iqbal adalah pengendara yang langganan pakai boks bagasi. Ia mengaku suka menaruh peranti elektronik seperti laptop di dalam bagasi. ÔÇ£Perlu diperhatikan adalah guncangan di motor. Walau laptop yang ada sekarang ini jauh lebih kuat dan anti shocking,ÔÇØ rinci Iqbal yang dari Depok ini.

Biasanya untuk berjaga-jaga sebagian pengendara di HTML tidak pernah menaruh laptop dalam keadaan ÔÇÿtelanjangÔÇÖ. ÔÇ£Biasanya akan dibungkus dengan tas laptop. Sehingga bisa mengurangi dampak kalau motor masuk lubang atau motor ÔÇÿterbangÔÇÖ karena tidak bisa menghindar ada polisi tidur,ÔÇØ tambah Hari Wibowo, petinggi HTML.

Guna mengurangi guncangan, menurut Bowo bisa dengan mengikat barang di dalam boks agar tidak bergerak atau diberikan banyak alas empuk sebagai peredam. (motorplus-online.com) 


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.