Wow, di Vietnam Suzuki Hayate 125 Sudah Usung Injeksi DCP-FI

Motorplus - Kamis, 5 April 2012 | 12:56 WIB


Akhir 2011 lalu, tepatnya bulan Desember, Suzuki di Vietnam telah meluncurkan Hayate SS 125 FI. Sesuai kode di akhir namanya, skubek 125 cc ini sudah dilengkapi dengan teknologi injeksi bahan bakar.

Model ini menemani varian lain Hayate lainnya yang masih menggunakan karburator. Secara desain hampir tidak ada beda dengan varian reguler, paling mencolok hanya striping. Mesinnya pun masih menggunakan basic yang sama dengan versi karburator.
 
Selain di Vietnam, Suzuki Thailand juga sudah melakukan melakukan hal serupa, semua line up skubeknya sudah mengusung teknologi injeksi. Dari Hayate, Skydrive hingga skubek retro Suzuki Jelato.

Sistem injeksi Suzuki ini punya nama Discharge Pump Fuel Injection (DCP-FI). Karena disiapkan untuk motor-motor berkapasitas mesin kecil, sistem ini dibuat kompak. Saking kompaknya,  throttle body pada sistem ini memiliki tiga fungsi sekaligus.

Di dalam throttle body terdapat fuel pump atau pompa bensin, regulator yang mengatur jumlah bahan bakar yang masuk dan injektor. Lebik kompak karena ukurannya sama seperti throttle body pada umumnya. Selain itu, di tangki juga sudah tidak ada lagi fuel pump.


Selain itu, Suzuki juga mengklaim dengan dijadikan satu fuel pump dengan throttle body, tekanan bahan bakar dari tangki tidak perlu terlalu tinggi. Perangkat selang bahan bakar tidak membutuhkan spesifikasi khusus yang mampu menahan tekanan tinggi. Soal harga juga akhirnya bisa ditekan.

Sebenarnya teknologi yang dikembangkan oleh Mikuni asal Jepang ini sudah pernah diaplikasi pada Suzuki Shogun 125 FI yang pernah dipasarkan di Indonesia. Sayangnya harus discontinue karena penjualannya kurang baik.

Nah, tinggal ditunggu nih! Saat Suzuki merasa kembali siap untuk bermain injeksi, teknologi andalannya ini sudah siap masuk Indonesia. Tapi kapan ya? (motorplus-online.com) 


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.