Produsen Tidak Boleh Lagi Jual Motor CBU? Untungkan Importir Umum!

Motorplus - Kamis, 5 April 2012 | 13:52 WIB


Sebentar lagi, penjualan sepeda motor dalam bentuk Completely Build Up (CBU) atau impor secara utuh tidak bisa lagi dilakukan oleh produsen atau Agen Pemegang Merek (APM). Peraturan baru ini buntut dicabutnya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor 39 tahun 2010 oleh Mahkamah Agung (MA).

MA telah memutuskan, pasal 2 ayat (1) juncto pasal 1 angka 3 Permendag 39/2010 tentang Ketentuan Impor Barang Jadi oleh Produsen tidak sah dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat. MA telah mengatur untuk mencabut pasal tersebut.

Sebelumnya dalam pasar ini diatur ketentuan produsen dapat mengimpor barang jadi untuk mendorong pengembangan usahanya. Produsen disini adalah berlaku untuk semua industri termasuk industri otomotif.

Nantinya setelah benar-benar diberlakukan pada bulan Juni 2012 mendatang, APM seperti PT Astra Honda Motor (AHM) tidak lagi boleh menjual CBR 250R atau PCX 125 yang didatangkan secara utuh dari Thailand.

Begitu juga dengan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) yang banyak menjual motor-motor CBU seperti Ninja 250R dari Thailand atau ZX-6R yang diimpor secara utuh dari Jepang.

"Kalau begini akan menguntungkan importir umum," buka Sigit Kumala, Senior General Manager Sales di PT Astra Honda Motor (AHM) yang juga menjabat Ketua Bidang Komersil, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

Dengan peraturan ini motor-motor build up masih bisa dipasarkan tapi hanya melalui importir umum, bukan lewat APM. "Kita masih akan bicarakan dengan rekan-rekan di asosiasi. Karena memberatkan industri otomotif khususnya sepeda motor," beber Sigit. 

Padahal penjualan sepeda motor CBU masih cukup tinggi. Data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyebutkan jumlahnya mencapai 31.357 ribu unit di tahun 2011. Data ini diperoleh dari jumlah impor pabrikan Honda, Kawasaki dan Suzuki.

Belum lagi APM non AISI, seperti Bajaj dan Piaggio yang semua motornya didatangkan secara CBU. Sepanjang 2011, Bajaj sukses menjual 23 ribu unit sepeda motor. Sedang Piaggio, terhitung sejak Juni hingga Desember 2011 mampu menjual 3 ribu unit sepeda motor.

Dengan peraturan baru ini, pemerintah mengharapkan investasi akan semakin tinggi. Para pemegang merek harus melakukan perakitan di Indonesia. Namun di sisi lain dirasa memberatkan APM khususnya mereka yang banyak menjual sepeda motor CBU. (motorplus-online.com)   


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.