Pasang Kunci Kontak Mobil di Sepeda Motor

Motorplus - Minggu, 15 April 2012 | 10:59 WIB

Kurang sip kalau motor custom tapi area setang berantakan. Untuk memperkuat ubahan, Soewiryo Adi Wijaya dari Wieryo Custom coba aplikasi kunci kontak mobil. ÔÇ£Bisa diletakkan dimana saja, sesuai kemauan. Seperti di bawah tangki Yamaha Scorpio milik Hezi yang sudah street tracker,ÔÇØ ujar Wieryo yang punya workshop di Jl. Cipinang Muara II, No. 53 Jatinegara, Jakarta Timur.

Biar enggak bingung, lihat diagram di atas ini

Kunci kontak yang asalnya bawaan mobil sebenarnya bisa diaplikasi di motor jenis apa saja. Apalagi komponen ini bisa comot dari mobil apa aja, meskipun lebih mudah, praktis dan unik jika comot punya Mitsubishi Colt.

"Sebab cukup merogoh kocek Rp 20.000, kita sudah dapat kunci kontak mobil Colt sayur. Apalagi aplikasi kunci kontak Colt sayur atau produk lainnya hanya dibedakan pada letak soket serta warna kabel,ÔÇØ lanjutnya. Mobil ini nongol di akhir 1970-an sampai awal 1980-an.

Kalau semua komponen sudah siap, langkah pertama kabel kunci kontak asli dan kabel lampu bawaan motor diputus. Dihubungkan lagi ke kunci kontak mobil. Tapi, cek dulu kunci kontak mobil pakai multitester, untuk pastikan kodisi soket saat posisi ON, lampu dan elektrik starter.

Lebih mudah, praktis dan unik pakai kunci kontak Mitsubishi Colt dan ini contoh karya Wieryo Custom

Lalu untuk mengaktifkan starter pada kunci kontak mobil, ambil arus positif dari elektrik starter asli yang ada di setang kanan.  Coba alihkan ke soket kunci kontak mobil nomor 3.

ÔÇ£Hati-hati saat pemasangan kunci kontak mobil karena berbeda dengan punya motor. Kalau mobil, semua arus positif. Tapi, di motor terdapat massa untuk memutus arus listrik,ÔÇØ tambah Wieryo yang bisa ditanya di 0818-079-1144-8.

Langkah terakhir hubungkan kabel instrumen motor tersebut pada kunci kontak mobil yang sudah dideteksi dengan multitester. Pastikan juga mana kabel untuk disambungkan ke soket ON, lampu, dan kick starter. Baru deh pasang engine cut off bawaan asli motornya.

ÔÇ£Ingat.., ke-4 kabel yang akan ditempelkan pada soket harus ditutup isolasi untuk mencegah korslet. Karena dalam kunci kontak mobil, ke-4 soketnya mengandung arus listrik,ÔÇØ wantinya.

Selamat mencoba !! (motorplus-online.com)


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.