Kampas Rem Yamaha, Beda Motor Satu Kode

Motorplus - Jumat, 27 April 2012 | 12:08 WIB


 Kampas rem tebal, pakem juga awet 
Sebelumnya membahas soal perbedaan teromol di Yamaha Jupiter Z 2006 ke atas dengan lansiran awal. Kini, kita ulas kampas rem buat mengimbangi teromol yang sudah berdiameter besar itu. Tentunya, agar pengereman bisa sempurna dan tahan lama.

Sebenarnya Yamaha bikin kampas rem teromol dengan satu part number dan bisa digunakan buat beberapa jenis motor. ÔÇ£Kampas rem teromol yang memiliki part number 5MX-F530K-00 bisa digunakan di produk Yamaha yang memiliki diameter teromol besar. Misalnya, seperti Yamaha Jupiter keluaran 2006 ke atas,ÔÇØ jelas Slamet Pio, Instruktur Yamaha Engineering School (YES) dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Selain Jupiter 2006 ke atas, ada juga pacuan yang pakai kampas rem ini. Diantaranya; Yamaha Scorpio, Mio series, Vega ZR dan semua motor terbaru Yamaha lainnya. ÔÇ£Karakteristik kampas rem ini lebih tebal dibanding kampas lain. Sehingga banyak juga yang subtitusi,ÔÇØ Jelas Pio, sapaan akrabnya.

Scorpio lama, bisa juga menggunakan kampas rem ini. Tapi, ada beberapa penyesuaian agar bisa dipakai sempurna. Penyesuaiannya,  penggantian per teromol buat satukan 2 belah kampas rem teromol. Per, pakai milik Yamaha Nouvo biar sejajar ketika memegang kampas.

Sebelumnya ini, banyak juga yang aplikasi kampas rem belakang milik Yamaha RX-King. Kodenya, 5BP-F530K-00 dengan harga Rp 28 ribu.  Tapi, kampas ini lebih tipis ketimbang kampas rem Mio 5MX-F530K-00 yang dijual Rp 60 ribu.

Akibat dari penggunaan kampas yang tipis, part juga bisa cepat habis dan timbul bunyi. Jadi, sobat mau pilih yang awet tapi sedikit mahal atau yang murah cepat abis dan timbul bunyi? (motorplus-online.com)  

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.