Ganti Roller Tensioner Rantai Keteng Honda Blade

Motorplus - Jumat, 4 Mei 2012 | 08:56 WIB

 
Tensioner di Honda Blade 110R sami mawon dengan generasi Honda terdahulu macam Grand, Legenda sampai Honda Vario. Penstabil rantai pakai dua roller yang posisinya di atas-bawah. Di tengah antara gir keteng bawah-atas juga ada roller penstabil. Adapun sistem penekannya selain per juga menggunakan tekanan oli.

Tensioner Blade 110R sendiri dilengkapi roller-roller berbahan dasar karet. Ada batasan yang mesti diketahui lantaran ketahanan roller bergerigi itu maksimal cuma sampai 8.000 rpm. Makanya stabiliser rantai keteng jenis ini cocoknya untuk harian. Dan kalau sudah tak bergerigi segera diganti.

Kalau tidak segera, biasanya ketengangan rantai sulit diatur. Idel motor nggak normal hingga berefek penurunan tenaga juga boros bensin, lantaran roller sudah rusak atau aus berakibat kendurnya rantai keteng dan enggak bisa dikontrol. Artinya kerja kem jadi enggak stabil. Buka-tutup klep sudah enggak sesuai perhitungan.

Lantas untuk mengganti roller tensioner Blade, bisa pakai punya Honda generasi lama atau sebaliknya. Cuma agak sedikit repot ketika ingin ganti semua roller tensioner tersebut. Sebab banyak komponen yang dilepas. (motorplus-online.com)  

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.