OM2S, Spesialis Bikin Mesin Dua Silinder

Motorplus - Selasa, 5 Juni 2012 | 19:14 WIB

Dari 2001 sampai 2007 Rizky Fauzi kuliah di Institut Teknologi Indonesia (ITI), doi masuk di jurusan Teknik Mesin dengan konsentrasi konversi energi. Disana Oji sapaan akrabnya mempelajari tentang kontruksi mesin.

Ketika Kawasaki Ninja 250R keluar dengan mengusung dua silinder segaris, otak engineer Oji mencuat keluar. Maksudnya impian bikin motor satu silinder jadi dua silinder. Honda Grand lansiran 1997 milik Haryanto yang pernah muncul di MOTOR Plus edisi 690 pun jadi karya pertamanya. ÔÇ£Bikin di motor bebek, karena biar unik. Kalau di motor batangan sudah biasa dibikin jadi dua silinder,ÔÇØ seru pria kelahiran Tangerang, Banten ini.

Permintaan bikin motor batangan juga banyak. Doi juga siap melayani. Di bengkel OÔÇÖM2S juga masih ada bebek yang sedang dicangkok jadi dua silinder. Seperti Honda Supra, Grand dan Yamaha Force-1. ÔÇ£Kalau buat bikin bebek dipatok biaya sekitar Rp 9 juta, sedang sport Rp 11 juta,ÔÇØ jelas pria yang baru punya anak satu.

Kesulitan yang didapat untuk bikin mesin segaris adalah penggabungan antar dua part jadi satu. Beda dengan bikin motor dua silinder dengan tipe V yang punya komponen terpisah. Istimewanya, motor enggak dilepas langsung ke konsumen.

Maksudnya semacam perlakuan inrayen, biar motor bisa sempurna. Usia karya pertamanya saja sudah setahun lebih tuh! Dan, masih sehat. Malah dipake pergi-pulang kantor oleh sang owner. (motorplus-online.com) 

O'M2S (Oji Motor 2 Silinder)
Jl. KH Hasyim Ashari, Gondrong Kenanga, No. 16, RT 004/01, Cipondoh, Tangerang. Telp. (021) 94620564.

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.