Tangki dan Tabung Hawa Untuk Motor Dragbike, Kecil dan Mungil

Motorplus - Senin, 11 Juni 2012 | 12:53 WIB

Drag bike dihitung berdasarkan catatan waktu. Selain korekan mesin harus sip, bobot motor juga harus dibikin minimalis. Selain rangka, komponen seperti tangki juga nggak luput kena pangkas.

Tangki bensin motor standar yang gambot dan berat harus dipangkas, otomatis kapasitas wadah bensin itu berkurang. Tangki drag rata-rata hanya muat 1,2 liter. ÔÇ£Bisa dua kali race,ÔÇØ buka Budi Gunawan, owner MCC Motorsport

Selain tangki, penggunaan lubang hawa juga sering diaplikasi di motor drag. ÔÇ£Agar uap panas yang berasal dari mesin bisa keluar,ÔÇØ ungkap Miekeel Tjahjanto, pemilik MC Racing yang mangkal di Jl. Kebon Jeruk IX, No. 20C, Hayam Wuruk-Kota, Jakarta Pusat.

Berikut tangki dan tabung hawa yang suda ada di pasaran.


 Dari Stainless steel. Rp 300-450 ribu
Buatan Lokal
Tangki bensin buatan lokal ini terbuat bahan dari stainless steel. Jika dilihat dari bentuknya hampir sama dengan tangki dari Thailand. Dilengkapi lubang angin dan dudukan baut. ÔÇ£Tapi, tetap harus diikat karet agar bisa lebih kuat,ÔÇØ beber Budi.

Selain tangki untuk motor bebek dan matik, tersedia untuk motor sport seperti Kawasaki Ninja RR. ÔÇ£Kapasitasnya sama dengan tangki untuk bebek dan matik,ÔÇØ jelas Budi Gunawan dari MCC Racing di Jl. Kebon Jeruk 9, No. 20D Jakarta Barat. Telepon (021) (021) 8006-836.


Impor From Thailand
Tangki bensin drag bike impor dari Thailand berbahan aluminium. Kapasitasnya sama dengan yang lokal, yaitu 1,2 liter. ÔÇ£Bobotnya lebih ringan dan kualitas las lebih kuat,ÔÇØ jelas Miekeel, boc MC Racing.

Bentuknya juga beragam, kotak dan persegi panjang. Untuk yang persegi diberi warna merah agar kesannya mewah. Namun, belum dilengkapi lubang angin, sehingga harus membuat sendiri. Harganya lebih mahal. Untuk yang bentuknya persegi panjang berwarna merah Rp 700 ribu. Sedangkan yang kotak Rp 650 ribu. Memang masih cukup tinggi.


 Dari almu cocok buat drag bike
Tabung Hawa
Lubang hawa berfungsi sebagai saluran hawa panas di dalam mesin agar keluar. Terbuat dari bahan aluminium, tujuannya agar tidak mudah terbakar.

Tabung ini mudah ditemukan di pasaran dengan harga Rp 150 ribu. Tabung ini juga sifatnya universal alias bisa digunakan oleh motor apa saja. Terdapat beberapa lubang. Satu dihubungkan ke lubang pemasukan oli, lubang karter dan lubang tutup klep. (motorplus-online.com)  

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.