Pasang Oil Cooler Di Yamaha Byson, Rp 650 Ribu Bikin Adem

Motorplus - Senin, 2 Juli 2012 | 08:17 WIB


Buat sobat pemilik Yamaha Byson yang kerap ÔÇÿberlariÔÇÖ dengan tunggangan kesayangannya itu, bisa lirik langkah yang dilakukan Tje Chin. Pria yang tinggal di Jelambar, Jakarta Barat ini, aplikasi oil cooler di Byson lansiran 2010 miliknya.

ÔÇ£Motor ini rutin dipakai harian buat jarak tempuh jauh. Maka itu, biar mesin tetap adem dipasangin oil cooler. Yang jelas, power enggak drop,ÔÇØ sebut Tje Chin yang bilang jarak tempuh odometer-nya sudah tinggi.

Soal urusan pasang, doi enggak sendiri. Doi dibantu Yap Chin King, pemilik King Motor Sport (KMS). ÔÇ£Modalnya, cuma Rp 650 ribu. Itu juga sudah termasuk ongkos pasang,ÔÇØ sebut pria yang beken disapa Aking ini.

Mengaplikasi oil cooler dari Suzuki Satria FU150, memang perlu beberapa penyusuaian. Terutama dari jalur slang oli yang berasal dari oil cooler menuju bak kopling sebagai sirkulasi oli.

"Jalur slang dibentuk ulang. Karena beda antara Satria FU untuk dipasang ke Byson ini,ÔÇØ kata Aking dari workshop-nya di Jl. Anyar Raya No. 8, Jelambar, Jakarta Barat. Perubahan di slang, terutama bagian ujung-ujung slang. Mengubahnya di daerah Asem Reges, Jakarta Barat.


Setelah kondisi slang disesuaikan, tinggal bikin lubang baut pemasangan slang. ÔÇ£Dalam hal ini, mengambil jalur dari filter oli Byson yang ada disisi samping bak kopling,ÔÇØ kata pria asli Bangka yang bisa diajak konsultasi di HP 0816-115-1329.

Jalur filter di bak kopling ini berfungsi sebagai oli keluar dari engine buat menuju ke oil cooler. Melubanginya, pakai mata bor buat baut 14 mm yang biasa dipakai di master rem.

"Tapi, untuk sisi drat bagian dalam, panjangnya ditambahkan. Sebab jika tidak, takutnya pegangan baut enggak kuat dan mudah jebol,ÔÇØ tambahnya.

Jika sudah, tinggal bikin satu lubang lagi di bagian bak kopling. Ambil bagian atas, dimana kucuran oli yang masuk langsung ke sisi pelat kopling. Lubang juga dibuat dari mata bor dan baut yang sama.

Kini, semua tinggal merakit deh. Oh ya! Ketika pakai oil cooler, volume oli ditambah ya. Jika sebelumnya 1 liter, maka dibuat 1,2 liter. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.