Lem Khusus Mesin, Mengencangkan Hingga Merekatkan Babet

Motorplus - Senin, 2 Juli 2012 | 14:01 WIB


Di pasaran memang banyak beredar lem khusus untuk merapatkan komponen mesin. Salah satunya lem macam pasta gigi atau sealer, lem jenis ini buat blok mesin punya kemampuan menahan tekanan udara, oli, air dan yang pasti tahan panas. Namun bukan berarti lem jenis ini bisa merapatkan komponen di mesin yang akan disatukan.

Ada beberapa jenis lem khusus yang digunakan hanya untuk komponen-komponen tertentu di mesin. Misalkan lem silikon macam Super Red Silicone yang banyak dijual di pasaran. Meski lem warna oranye ini tahan panas, sayangnya bila mengering jadi karet itu kurang kuat untuk merekatkan blok mesin.

Makanya disarankan lem silicon baiknya dipakai buat merapatkan part macam slang radiator atau O-ring seperti di dinamo starter. Sedangkan lem cair khusus blok harusnya mampu menutupi pori-pori agar tidak bocor.

Selain lem cair dan silicon, di pasaran juga beredar lem-lem khusus buat mengencangkan komponen di mesin. Contoh lem plastic steel yang biasa dipakai untuk merekatkan komponen bermaterial babet bila patah. Atau lem power glue untuk atasi komponen berbahan plastik jika retak atau lem Loctate yang fungsinya buat mengunci baut dan mur.

Namun perlu diingat, lem Loctate baiknya untuk komponen atau mur-baut yang jarang dibuka. Supaya tidak bikin susah bongkar-pasang. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.