Tips Oversize Honda Supra X125, Cegah Suara Ngelitik

Motorplus - Rabu, 4 Juli 2012 | 15:04 WIB


Waspada jika dari knalpot tunggangan brother keluar asap putih. Lalu, di bagian engine timbul suara ngelitik. Malah, jika sudah dalam kategori ekstrem alias parah, oli mesin akan habis dan piston macet. Nah, itu tanda-tanda seher atau piston sudah musti diganti.

Ambil contoh di Honda Supra X125. Bebek 125 cc dari Honda ini aplikasi diameter piston 52,4 mm. Lalu, jarak alias clearance antara piston dan liner bermain di 0,050 mm. Jika clearance sudah melebihi batas ini, baiknya segera lakukan penggantian dengan diameter piston yang lebih besar sedikit alias oversize.

Tapi, jangan sembarang oversize, lho. Sebab, kadang timbul masalah. Yaitu, suara ngelitik pada bagian blok mesin. ÔÇ£Harusnya tidak ada suara itu. Tapi, saya sudah dua kali mengalami kejadian seperti ini,ÔÇØ buka Tatang Mulyono, kepala bengkel Setia Utama Motor di Jl. HOS Cokroaminoto No. 5, Ciledug, Tangerang, Banten.

Ketika itu, piston pakai oversize 25. Setelah dipasang, lalu mesin dihidupkan dan timbul suara pada blok mesin.

Menurut Tatang, suaranya beragam. Mulai dari suara klep yang kendor sampai suara seher yang sepertinya mentok head. "Tapi, setelah dicek, seher jadi terasa lebih seret ketika masuk pada lubang blok mesin. Lalu pada linner timbul baret yang bentuknya melingkar," tambahnya.

Ada saran nih buat brother yang alami kejadian serupa. Solusinya, bawa seher dan blok silinder ke tukang bubut. ÔÇ£Tapi, pada saat membubut, upayakan diameter blok silinder dibikin ngeplos sampai seher jatuh dari lubang silinder,ÔÇØ jelas pria keturunan Sunda-Jawa ini.

Menurut Tatang, kejadian seperti itu timbul karena kualitas seher yang kurang baik. Terutama ketika menggunakan seher non orisinal.  Ini buat piston KW ya. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.