Deteksi Kerusakan Flasher Lampu Sein, Lihat Dari Kedipan

Motorplus - Senin, 9 Juli 2012 | 07:41 WIB


Sebagai lampu indikator, tugas lampu sein termasuk cukup berat. Bila alami masalah bukan cuma pemilik motor yang disalahkan, tapi pengendara di belakang pun bisa dibuat bingung. Sehingga beresiko bisa tertabrak dari belakang atau depan.

Kenapa bisa begitu, pasalnya lampu sein yang mestinya berkedip kontinyu, karena ada masalah, kedipan bisa berubah. Contohnya cahaya bohlam bisa cuma diam, lambat atau tempo kedipannya cepat. Bahkan bisa mati total pada waktu sakelar sein diaktifkan.

Nah, bila lampu sein tunggangan sobat alami gangguan semacam itu, ada baiknya dilacak dari mana penyebabnya. "Biasanya disebabkan flasher. Tapi, juga bisa dari faktor lain seperti setrum kurang atau beban arus kebesaran. Dan semua itu paling gampang dilihat dari kedipan," ucap Fajar Jaka Mursena, teknisi di bengkel Ekauto di Jl. Arteri Soekarno-Hatta, Semarang.

Sebagai contoh bila kedipan lampu sein temponya lebih cepat dari biasannya. Jika terjadi gejala seperti itu, menurut Fajar penyebabnya beban arus yang dikeluarkan terlalu besar.


"Seperti ukuran bohlam sein lebih besar dari standarnya. Membuat kerja flasher yang didukung kumparan magnet di dalamnya ikutan bergerak cepat saat menerima beban arus berlebihan dan mengalirkannya ke bohlam sein," lanjutnya.

Sebaliknya jika kedipan lampu sein bekerja sangat lambat. Kemungkinan hal ini disebabkan setrum dari aki kurang atau masa bohlam lampu tidak bagus.

"Untuk memastikannya, coba cek ampere aki. Apakah setrumnya tidak tekor. Selain itu lihat juga apakah kabel masa bohlam lampu sein benar-benar sudah terpasang dengan benar," wanti bapak 3 anak ini.

Adapun gejala yang ditimbulkan bila flasher alami keruskan berat biasanya lampu sein tidak mau berkedip atau mati total. Flasher yang didukung gulungan kawat kumparan di bagian dalam alat ini terjadi korslet. Dan korsletnya bisa dalam posisi terhubung atau tidak. Sehingga kondisi setrum bisa saja tetap mengalir atau tidak sama sekali. Makanya lampu sein bisa saja terang atau mati total.

"Cuma agar tidak salah tunjuk, pastikan apakah kabel kelistrikan sein tidak putus atau sakelar dalam kondisi yang baik. Sebab arus positif aki sebagai pembangkit daya lampu sein tergantung pada sakelar setelah dikirim dari flasher. Makanya terminal kabel di flasher juga jangan sampai terbalik biar bisa berkedip," ingatnya. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.