Teknologi Yamaha Jupiter Z1 (bag.1), Kepala Silinder Berubah Total!

Motorplus - Senin, 16 Juli 2012 | 13:05 WIB

Pakai roller rocker arm, lebih minim gesekan
Sejak peluncurannya, Yamaha mengklaim peningkatan tenaga Jupiter Z1 hingga 20 persen. Kini powernya mencapai 10,06 PS di 7.750 rpm dan torsinya 9,9 Nm pada 6.500 rpm. Memang ada banyak perubahan yang tidak bisa dipisahkan, seperti desain ruang bakar dan aplikasi kruk as baru serta injeksi bahan bakarnya.

Tapi agar lebih mudah dipelajari, tim otomotifnet.com / motorplus-online.com mencoba untuk memecahnya dalam beberapa tulisan. Kita awali dari perubahan drastis di kepala silindernya ya!

Camshaft baru (kanan) karakter baru, tarikan lebih responsif
Paling signifikan adalah diaplikasinya roller rocker arm. Pelatuk klep model ini bisa dipastikan akan lebih minim gesekan karena pada bagian yang bersentuhan dengan camshaft atau noken as sudah dilengkapi roller.

Aplikasi roller rocker arm pun berbuntut pada perubahan desain camshaft. Yang baru jadi terlihat lebih gendut tapi tidak terlalu tinggi, selain itu dilengkapi juga dengan cam bearing di dua sisi. "Secara durasi kami ubah agar lebih tarikan lebih responsif," beber M Abidin, GM Technical PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang menemani kru redaksi membongkar mesin baru Jupiter Z1 di kantor pusat Yamaha di Pulogadung, Jakarta Timur.

Durasi camshaft baru ini dikawinkan dengan klep baru yang kini lebih besar. Diameter payungnya jadi 26 mm untuk in dan 21 pada klep ex. Ukuran yang sama dengan klep Mio J dan Soul GT sekaligus lebih besar dari klep Jupiter lama yang hanya 23 mm in dan 20 mm ex.

"Batang klepnya juga lebih besar," jelas Abidin. Batang klep baru jadi 5 mm, padahal yang sebelumnya hanya 4,5 mm. Kalau yang suka oprek mesin, salah satu racing part paling dicari adalah klep lebar dengan batang 5 mm. Sekarang klep jenis ini malah sudah jadi piranti standar di Jupiter Z1.

Klep lebih besar dan kubah tanpa squish, rpm diklaim jadi lebih tinggi
Karena makin lebar, sudut klep juga dibuat lebih sempit. Yang baru menjadi 24 derajat untuk klep in dan 26 derajat pada klep ex. Yang lama klep, in 31 derajat dan ex 35 derajat. Efeknya, ruang bakarnya berubah total. Kubah pembakaran kini tanpa squish dan lebih landai.

"Dengan desain seperti sekarang volume combustion chamber jadi lebih besar sekaligus membuat putaran mesin jadi lebih tinggi. Meski mesinnya tipe long stroke tapi putaran mesinnya bisa lebih tinggi," jelasnya panjang lebar.

Tutup silinder head lebih besar memudahkan bongkar pasang dan pendinginan maksimal
Yang menarik adalah, dari luar desain kepala silinder Jupiter Z1 terlihat baru. Kotak lebar tanpa banyak kisi-kisi. Ada dua tujuan dibuat desain seperti ini yang pertama memudahkan proses bongkar pasang. Tinggal lepas baut, maka semua komponen di kelapa silinder langsung terlihat jelas.

"Fungsi yang kedua adalah mempercepat pendinginan mesin. Karena luas penampangnya lebih lebar, pelepasan panas jadi makin cepat," bebernya.

Batang penguat bikin head lebih kaku cegah oli rembes
Eh, ada batang besi apaan tuh di sisi kanan kepala silinder? "Itu hanya penguat saja, agar tidak bergetar," ungkap Abidin yang meyakini dengan aplikasi batang penguat ini, karet sil cover kepala silinder tidak akan mudah bocor. Oli pun enggak gampang rembes. Benar-benar beda kan! (motorplus-online.com) 

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.