Bisa Bikin Sim D Untuk Difabel di Satpas SIM Daan Mogot

Motorplus - Rabu, 18 Juli 2012 | 09:50 WIB


Setelah sebelumnya Poltabes Surabaya, Jawa Timur, kini Polda Metro Jaya memberlakukan SIM D untuk difabel. Layanan khusus ini diberikan Satpas SIM Daan Mogot dalam bentuk ruang khusus pelayanan bagi pengendara penyandang cacat.

Pemohon SIM D mendapat layanan sendiri tanpa harus ikut antrean dengan pemohon SIM lainnya. ÔÇ£Loket khusus ini dibuka hanya untuk pemohon SIM D. Jadi, mereka tidak harus ikuta berdesak-desakan dengan pemohon SIM lainnya,ÔÇØ ujar Kompol Twedi Aditya, S.Ik Kasi SIM Daan Mogot.

Motor yang digunakan untuk SIM D ini merupakan jenis motor yang sudah dimodifikasi bisa roda dua atau lebih. Sesuai dengan kebutuhan penyandang cacat. ÔÇ£Untuk saudara kita yang difabel, kami sudah menyediakan SIM D sebagai lisensi resmi ijin berkendara dengan biaya Rp 50.000. SIM D digunakan untuk jenis motor yang sudah dimodifikasi,ÔÇØ jelas Kompol Twedi lagi.

ÔÇ£Saat ujian praktik, para pemohon SIM juga diperbolehkan menggunakan motor mereka sendiri,ÔÇØ sambung Kompol Twedi. Sedangkan untuk tarif PNBP SIM D juga relatif lebih ringan dibanding jenis SIM lain. Yakni, Rp 50.000 untuk baru dan Rp 30.000 untuk perpanjangan.  (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan




YANG LAINNYA

Tag Popular