Bikin Pompa Ban Lewat Lubang Busi, Manfaatkan Kompresi

Motorplus - Sabtu, 21 Juli 2012 | 11:40 WIB


Lewat tangan kreatif Budi Subekti, fungsi busi yang awalnya untuk memercikkan api bisa jadi alat untuk memompa ban. Ide itu muncul ketika Budi yang juga seorang Scooteris ini khawatir jika dalam perjalanan Vespa kebanggaannya kempes ban. Maklum, jika semok kempes ban harus di ÔÇÿeksekusiÔÇÖ di tempat.

Cara pembuatannya pun simpel, buka terminal pada bagian ujung busi dengan menggunakan tang, lalu keluarkan semua komponen yang berada di dalam ÔÇÿperutÔÇÖ busi seperti resistor, spring dan centre elektroda dengan cara diketok menggunakan paku beton hingga busi terlihat bolong.

Setelah itu, potong ground elektroda dengan menggunakan tang. ÔÇ£Biar lebih rapi, ketika motong ground elektroda sebaiknya pakai gerinda,ÔÇØ jelas pria berkaca mata ini.

Lalu sambungkan dengan slang yang diberi pengait pentil ban. Tapi, tidak semua busi dapat diaplikasi menjadi alat pompa. ÔÇ£Busi yang bisa dipakai buat pompa cuma busi yang cara pemasangan terminalnya enggak dipress, karena model ini lebih mudah terminalnya. Kalau model press jika terminalnya dibuka paksa akan patah,ÔÇØ jelas mekanik Vespa yang beramat di Jl. Hadiah No. 27, RT 13/03, Jelambar, Jakarta Barat ini.

Nah, cara pompanya, pasang busi bolong pada silinder head dengan posisi seperti biasa. Lalu pasang pengait pentil pada ban yang akan dipompa. Setelah itu, slah kick starter sehingga udara yang berasal dari kompresi mesin akan tersalurkan ke ban melalui busi tadi. Mudah kan!. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.