First Ride Piaggio MP3 Yourban 125, Kerja Roda Depannya Unik!

Motorplus - Rabu, 1 Agustus 2012 | 15:05 WIB


Resmi diluncurkan di Pekan Raya Jakarta (PRJ) awal Juni 2012 lalu, MP3 Yourban 125 yang dipasarkan oleh PT Piaggio Indonesia (PI) masih membawa banyak tanda tanya. Apa sih bedanya dengan MP3 yang sudah lebih dulu masuk Indonesia lewat importir umum? Untuk menjawabnya, kami sengaja menjajalnya dalam sesi first ride.

Desain
Di negara asalnya, Piaggio MP3 dipasarkan dalam beberapa varian model. Yang paling umum adalah MP3 dengan desain seperti yang banyak beredar di jalanan Indonesia. Ada MP3 Sport, Business dan Touring, beda diantaranya hanya pemilihan warna dan beberapa detail seperti kulit jok. Tapi ada satu varian lagi, yaitu MP3 Yourban. Khusus yang terakhir didesain lebih manis. 

Setangnya kini terpisah layaknya matik bermesin kecil di Indonesia, setang juga jadi rumah lampu utama. Bodi belakang pun lebih singset enggak terlalu besar, tapi bagasinya masih mampu menelan dua helm open face sekaligus. Sepatbor roda depannya juga terlihat lebih keren, menutupi sebagian roda sekaligus serasi dengan bentuk bodi depannya yang meruncing.


Panel indikator di setangnya sangat informatif dan lengkap, dari penunjuk kecepatan hingga informasi rem tangan dan pengunci suspensi depan agar tetap berdiri terbukti mudah dibaca. Di Indonesia, PT PI memasarkan motor yang dijual seharga Rp 99 juta ini dengan 5 pilihan warna.

Fitur dan Teknologi
Paling istimewa pada motor ini adalah konstruksi roda depannya, suspensi depan full hidrolik ini diatur oleh ECM secara elektronik. Meski punya dua roda di depan, ketika belok, motor masih bisa miring seperti sepeda motor pada umumnya. Masing-masing roda menyesuaikan kemiringannya sesuai kecepatan motor.



Asiknya, agar tidak perlu repot menurunkan kaki saat di lampu merah, MP3 juga dilengkapi dengan kunci suspensi depan. Bila kunci diaktifkan maka roda depan akan berdiri tegak. Tapi kalau tidak diaktifkan, suspensi akan tetap miring dan motor bisa roboh saat berhenti.

Buat mengaktifkannya cukup geser saklar di panel setang sebelah kanan. Untuk melepas kunci, cukup geser saklar ke kanan atau putar gas saja. Oiya, motor ini juga dilengkapi dengan rem tangan atau rem parkir loh! Fungsinya benar-benar berguna saat parkir atau berhenti di permukaan jalanan yang tidak rata. Posisinya ada di bawah setang, tinggal dorong saja ke atas untuk melakukan pengereman.

Posisi suspensi depan yang terkunci atau tidak dan penggunaan rem tangan bisa dipantau lewat panel indikator. Jelas bisa meminimalisir lupa mengaktifkan suspensi depan ketika hendak berhenti sebentar. Kalau lupa lumayan merepotkan bro, pasalnya bobot motor ini enggak ringan dan cukup tinggi. Rider dengan tubuh 170 cm pun masih harus jinjit.

 

Performa
Mesin MP3 Yourban 125 ERL memang hanya 124 cc. Satu silinder tapi punya 4 klep dan berpendingin radiator, tenaga puncaknya hanya 11.0 kW dan torsi 12.0 Nm. Mesin ini juga sudah dilengkapi injeksi yang emisi gas buangnya sudah lolos standarisasi Euro3.

Tarikannya terasa terlalu lembut untuk motor sebongsor ini, tapi untuk jalan di perkotaan, khususnya Jakarta yang enggak terlalu bisa kencang sih rasanya sudah cukup. Transmisi CVT-nya tergolong nyaman menyalurkan tenaga, getarannya tidak terlalu terasa.

Sebenarnya, di Italia, ada salah satu versi MP3 Yourban yang menggunakan mesin 300 cc, sayangnya pajak yang lebih tinggi membuat varian ini dianggap terlalu mahal dan tidak dipasarkan di Indonesia. Hemmm.. Kalau 300 cc pastinya bakal lebih mantab nih!

Handling
Ini masih ada hubungannya dengan kemudahan menikung, meski roda depannya ada dua tapi bisa miring sesuai kemauan pengendara. Rasanya, saat menikung tetap mantab karena ada dua penopang yang melekat ke aspal. Tapi pertanyaan gimana ceritanya saat melintasi jalanan bergelombang?


Tenang, kedua roda ini bekerja secara independen, masing-masing roda punya suspensi sendiri. Saat melintas di jalanan berantakan, motor tetap lurus dan stabil karena masing-masing roda melakukan redaman sesuai porsinya. Benar-benar nyaman! Begitu juga ketika menikung, jalanan bergelombang bukan masalah.

Dan meski bodinya terlihat bongsor, tapi kelincahannya masih masuk dalam tataran mudah dikendalikan. Bodi depannya yang lebar ini ternyata tidak jauh beda bila dibandingkan dengan moge 600 cc, jadi santai saja jalan-jalan di padatnya lalu lintas. Toh kalau terjebak macet tinggal aktifkan pengunci suspensi depan, kaki enggak perlu capek menahan beban motor. (motorplus-online.com)

Data Spesifikasi

Piaggio MP3 Yourban 125
Mesin : 4 langkah, silinder tunggal, 4 katup
Sistem Pembakaran : injeksi
Kapasitas : 124cc
Daya Maksimum : 11.0 kW/9.500 rpm
Torsi Maksimum : 12.0 Nm/8.000 rpm
Sistem Pendinginan : air
Transmisi : CVT with torque server
Suspensi Depan : Articulated quadrilateral
Suspensi Belakang : Peredam kejut hidraulik dengan dua aksi ganda
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Cakram
Ban Depan : Tubeless 110/70 ÔÇô 13ÔÇØ
Ban Belakang : Tubeless 140/60 ÔÇô 14ÔÇØ
Panjang : 2.040 mm
Lebar : 760 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.440 mm
Jarak Jok ke Tanah : 780 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 200 mm
Kapasitas Tangki : 11 liter


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.