Cek Tekanan Ban, Perhatikan Ambang Batas Tiap Merek

Motorplus - Selasa, 21 Agustus 2012 | 16:03 WIB


Mau dipakai sehari-hari atau malah dibawa jalan jauh, jangan lupa untuk mengecek kembali tekanan angin ban luar depan ataupun belakang. Apalagi beberapa merek dan tipe ban di tunggangan tidak semua sama. Karena memang banyak produsen ban di tanah air.

Makanya biar enggak galau menentukan tekanan angin ban, mending lihat dulu ukurannya di permukaan sisi samping ban. Tapi, biar ada patokannya, tekanan udara pada ban tetap punya toleransi. Mau batas tertinggi atau batas paling bawah. Silakan mau yang mana?

Ambil contoh tekanan angin ban merek IRC dan FDR. Sudah dipatok untuk ukuran ban depan-belakang beda. Juga tergantung jenis motornya bebek, skubek atau sport. Dan biasanya ukuran tekanan sudah ada pada kemasannya.

Misal di ban IRC, toleransi atas-bawah tekanan angin ban depan skubek 3 psi dari 26 psi. Artinya, ambang batas bawah 23 psi dan atas maksimal 29 psi.

Sedangkan tekanan angin ban depan FDR untuk semua jenis motor harian 29 psi. Batas tertinggi dan terendahnya 2 psi. Kalau begitu, setelan angin ban FDR 27 psi-31 psi. Gimana seandainya tekanan angin kelewat rendah? Bentuk ban jadi bergelombang karena ada yang gak menyentuh aspal.

Sebaliknya jika kelewat tinggi. Otomatis tekanan juga bisa bikin ausnya ban tidak merata. Hanya bagian tengah saja yang habis.  (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.