Per Kopling Racing RX-King di Kawasaki KLX 250, Murah Langsung Gahar

Motorplus - Senin, 3 September 2012 | 16:26 WIB

Per kopling racing RX-King (kiri), murah tapi lebih keras

Kawasaki KLX 250 memang sangat responsif. Putaran bawahnya langsung terasa meski putaran mesin belum terlalu tinggi. Tapi yang namanya bikers ada aja yang masih ngerasa kurang galak. Cara yang paling mudah yang bisa dilakukan untuk mempercepat respon akselerasi adalah mengganti per kopling standar dengan versi after market.

Harapannya tarikan lebih responsif dan enggak selip di putaran atas. Tapi sayangnya, per kopling racing khusus KLX 250 dijual lumayan mahal. Tapi tenang, buat yang menginginkan hasil maksimal dengan harga lebih bersahabat bisa ikuti trik yang diberikan Asep Supriadi, mekanik rumahan di Jl Srengseng, Gg.bambu 2, No 31G Kembangan, Jakarta Barat.

Pria ramah yang langganan menangani motor berkapasitas mesin besar ini menyarankan untuk pakai per kopling tipe "hard" keluaran CLD. Harganya satu setnya yang berisi 4 per kopling cuma dilepas Rp 75 ribuan. Karena jumlah per kopling standar KLX 250 ada 6, mau enggak mau harus beli dua set. Tapi tetap saja lebih murah dari merek per kopling impor.

Kalau sudah siap, mari bongkar. Ikuti langkah-langkahnya ya! Tak seperti motor-motor yang lainnya, yang harus menguras oli mesin terlebih dahulu jika ingin mengganti membongkar kopling, KLX 250 cukup dimiringkan saja dengan menggunakan standar samping.


"Dengan begitu saja tidak akan tumpah olinya. Lalu gunakan kunci T 8 untuk membuka 6 buah baut cover blok kopling,ÔÇØ jelas Asep. Langkah berikutnya buka cover blok kopling dengan hati-hati tanpa merusak pakingnya rusak. ÔÇ£Setelah blok kopling terbuka, cabut stut kopling dari rumahnya dan lanjutkan dengan membuka baut per kopling sebanyak 6 buah, masih menggunakan kunci T 8," lanjutnya.

Kalau sudah tercabut tinggal ganti saja deh dengan per kopling baru. ÔÇ£Setelah per kopling racing RX-King diganti, pasang kembali dengan urutan kebalikan saat membongkar. Tutup kembali cover blok kopling, tapi jangan lupa olesi dahulu dengan sealer agar merekat sempurna dan tidak ada kebocoran oli,ÔÇØ wantinya.

Terakhir, cek kembali jarak main kopling. Atur sesuai keinginan," tutup Asep. Gampang, murah dan langsung galak! (motorplus-online.com)  


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.